UPAYA GURU DALAM PENINGKATAN MUTU KINERJA SEBAGAI PENDIDIK DI SMP NEGERI 9 PURWOKERTO

PIPIT DWI RIZKI, NIM. 1223303062 (2016) UPAYA GURU DALAM PENINGKATAN MUTU KINERJA SEBAGAI PENDIDIK DI SMP NEGERI 9 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
PIPIT DWI RIZKI_UPAYA GURU DALAM PENINGKATAN MUTU KINERJA SEBAGAI PENDIDIK DI SMP NEGERI 9 PURWOK.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan faktor penentu dalam keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Mengingat pentingnya keterlibatan guru dalam keberhasilan penyelenggaraan pendidikan, kinerja guru perlu dikembangkan secara terus menerus. Rendahnya kinerja guru tentu dapat menurunkan mutu pendidikan dan menghambat tercapainya visi di suatu sekolah. Oleh karena itu kinerja harus dikelola dengan baik dan dijaga agar tidak mengalami penurunan. Bahkan, seharusnya selalu diperhatikan agar mengalami peningkatan secara terus menerus. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kinerja guru dan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam peningkatan mutu kinerja sebagai pendidik di SMP Negeri 9 Purwokerto. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan pendekatan metode penelitian kualitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan cara menelaah seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru dalam peningkatan mutu kinerja sebagai pendidik di SMP Negeri 9 Purwokerto ditunjukkan dalam kegiatan pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil belajar, dan tindak lanjut. Selain itu, upaya-upaya yang dilakukan atas inisiatif guru dalam meningkatkan mutu kinerjanya yaitu dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, melakukan penelitian tindakan kelas, membaca buku, memanfaatkan teknologi dan informasi, diklat, seminar, dan workshop. Sekolah turut mendukung dan berkontribuasi dalam meningkatkan mutu kinerja guru antara lain dengan kegiatan IHT (In-House Training), pembinaan rutin, forum MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), diklat, workshop, dan seminar. Kata Kunci : Upaya Guru, Kinerja Guru, Peningkatan Mutu Kinerja, Pendidikan dan Pelatihan, Non Pendidikan dan Pelatihan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 11 Aug 2016 02:39
Last Modified: 11 Aug 2016 02:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item View Item