Kepribadian Guru

Roqib, Mohammad and Nurfuadi, Nurfuadi (2020) Kepribadian Guru. CV. Cinta Buku, Yogyakarta. ISBN 97860261556

[img]
Preview
Text
KEPRIBADIAN GURU_Roqib & Nurfuadi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
Cover Kepribadian Guru.jpg - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru memiliki peranan yang sangat penting untuk peningkatan kualitas lembaga pendidikan, karena guru merupakan jantungnya suatu lembaga pendidikan. Tanpa kualitas guru yang memadai dan berkompeten di bidang profesi tersebut, maka semua pihak dalam lembaga tersebut terkena dampaknya, tidak terkecuali peserta didik. Oleh karena itu, guru harus memiliki kompetensi, keteladanan, dediksasi serta profesional agar mampu meningkatkan mutu pendidikan, karena satu-satunya komponen lembaga pendidikan yang diharapkan mampu merubah dunia pendidikan adalah sosok seorang guru. Komitemen profesinya harus dipraktikkan secara baik dan benar. Untuk itu, guru harus mampu memiliki pemahaman dunia profesi guru secara komprehensif sehingga bisa mengembangkan kualitas pendidikan. Selain itu, guru pun harus kreatif dan inovatif. Mampu mengembangkan pendekatan dan metode pembelajaran yang produktif bagi siswa, sehingga menciptakan iklim pendidikan yang menyenangkan dan kondusif. Pemahaman terhadap psikologi belajar siswa juga amat penting bagi seorang guru, sebab, tugas utama guru bukan hanya persoalan transformasi ilmu, melainkan transformasi akhlak siswanya agar berkembang menjadi pribadi yang berkarakter.

Item Type: Book
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 14 Apr 2020 04:22
Last Modified: 14 Apr 2020 05:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7229

Actions (login required)

View Item View Item