INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEROHANIAN ISLAM DI SMP DIPONEGORO CIMANGGU CILACAP

HERI, PURWANTo (2016) INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEROHANIAN ISLAM DI SMP DIPONEGORO CIMANGGU CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
File 2.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
File 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Internalisasi nilai-nilai agama Islam adalah suatu proses memasukan nilai -nilai agama secara penuh ke dalam hati, sehingga ruh dan jiwa bergerak berdasarkan ajaran agama Islam. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai agama Islam yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam,karena melalui kegiatan ini siswa dapat mengaplikasikan nilai-nilai agama Islam yang telah ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan internalisasi nilai-nilai agama Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMP Diponegoro Cimanggu, dan untuk mendeskripsikan yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam melakukan pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan, dan melukiskan data yang diperoleh dengan menggunakan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisah menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses internalisasi nilai-nilai agama Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMP Diponegoro Cimanggu mengunakan dua cara yaitu langsung (keteladanan, pembiasaan, pengawasan, nasehat, Dan hukuman ) dan tidak langsung(belajar di kelas). Dan terdapat empat tahapan yaitu pemberian pengetahuan, pemahaman, pembiasan, dan internalisasi. Faktor pendukungnya antara lain sebagian besar siswa berasal dari keluarga yang agamis dan aktif belajar di madrasah diniyah, tersedianya sarana prasarana dan peralatan pendukung lainnya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah setiap siswa memiliki latar belakang yang berbeda, beberapa guru yang kurang aktif berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islamdan adanya kejenuhan dari siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Ekstrakurikuler Kerohanian Islam .
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 10 Aug 2016 03:31
Last Modified: 10 Aug 2016 03:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item