MODEL PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 PURWOKERTO 2019/2020

Musyafangah, Musafangah (2020) MODEL PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 PURWOKERTO 2019/2020. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover-BAB 1-5 Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ragamnya pemahaman guru dalam memahami penilaian autentik sehingga menyebabkan ragamnya implementasi kurikulum 2013. Bagi sebagian guru, penilaian ini dianggap sulit dan memberatkan karena terlalu banyak aspek yang harus dinilai, sulitnya memgembangkan indikator dan instrumen penilaian, serta banyaknya format penilaian yang harus disiapkan terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai. Dalam melakukan penilaian, ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik dinilai secara berimbang dan dimulai dari input, proses, serta output. Berdasarkan latarbelakang tersebut, peneliti memilih SMP Negeri 1 Purwokerto yang merupakan salah satu dari empat sekolah piloting project Kurikulum 2013 di kabupaten Banyumas sehingga layak diteliti, dianalisis guna pengembangan di masa depan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang tergolong penelitian kualitatif deskriptif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan penilaian autentik. Metode observasi digunakan untuk mengetahui proses pelaksanaan dan pengolahan nilai melalui aplikasi e-Rapor. Adapun metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data dokumentasi terkait penilaian autentik, dan metode angket untuk menguji keabsahan data yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan metode berpikir induktif dan deduktif dengan mengikuti analisis data model Miles dan Huberman. Berdasarkan data-data dan analisis hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa penilaian autentik dimulai dari tahap perencanaan, yaitu pada proses penyusunan RPP yang dilakukan melalui MGMP sekolah. Cara menentukan jenis dan teknik penilaian mengacu pada karakteristik materi serta Indikator Pencapaian Kompetensi yang telah diturunkan dari Kompetensi Dasar. Tahap pelaksanaan penilaian autentik lebih dominan dilakukan melalui assessment as learning dengan prinsip keterbukaan. Hal ini bisa dilihat dari penilaian presentasi, makalah, dan permainan kartu yang melibatkan peran siswa dalam melakukan penilaian. Adapun tahap pengolahan nilai dilakukan secara manual melalui Buku Nilai dan melalui aplikasi e-Rapor versi 2.1. Nilai afektif diperoleh dari observasi sikap sosial dan spiritual siswa selama satu semester. Nilai pengetahuan diperoleh dari rata-rata nilai tes, tugas, Penilaian Tengah Semester, dan Penilaian Akhir Semester, sedangkan nilai keterampilan diperoleh dari rata-rata nilai praktek dan produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penilaian autentik, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Indikator Pencapaian, Keterbukaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 12 Mar 2020 07:14
Last Modified: 12 Mar 2020 07:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7190

Actions (login required)

View Item View Item