IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KETERAMPILAN MENULIS DI MI MA’ARIF NU TAMBAKNEGARA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

YULIANTI, NIM. 1123310003 (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KETERAMPILAN MENULIS DI MI MA’ARIF NU TAMBAKNEGARA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (597kB) | Preview
[img] Text
YULIANTI_IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KETERAMPILAN MENULIS DI MI MA’ARIF NU TAMBAKNEGARA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014 2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kelas V MI Ma’arif NU Tambaknegara adalah kelas yang sudah menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi keterampilan menulis . Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis kelas V di MI Ma’arif NU Tambaknegara Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis kelas V di MI Ma’arif NU Tambaknegara Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis kelas V MI Ma’arif NU Tambaknegara Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penulis turun langsung di lokasi penelitian untuk memperoleh informasi terkait penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Objek dalam penelitian ini adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis di MI Ma’arif NU Tambaknegara Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Kelas V di MI Ma’arif NU Tambaknegara Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015, terdapat beberapa kegiatan diantaranya tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan adalah persiapan yang dilakukan oleh guru sebelum melakukan pembelajaran yaitu mempersiapkan bahan ajar, membuat RPP, menentukan media pembelajaran, dan membuat instrumen evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi komponen pendekatan Contextual Teaching and Learning yakni: konstruktivisme, inquiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan melakukan evaluasi dengan penilaian autentik. Hasil penelitian menunjukan implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis kelas V di MI Ma’arif NU Tambaknegara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 10 Aug 2016 03:18
Last Modified: 10 Aug 2016 03:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/719

Actions (login required)

View Item View Item