IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DIPONDOK PESANTREN AL HIDAYAH PURWOJATI

Dwi, Melani (2020) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DIPONDOK PESANTREN AL HIDAYAH PURWOJATI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI MAELANI_IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-HI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Kitab kuning sebagai salah satu unsur mutlak dari proses belajar mengajar dipesantren sangat penting dalam membentuk kecerdasan intelektual dan moralitas kesalehan (kualitas keberagamaan) pada diri santri (Thalib). Akan tetapi pada kenyataanya pada era sekarang masih banyak santri yang masih kesulitan dalam mengkaji kitab kuning, baik dari segi membaca, mengasaih (menterjemahkan dengan bahasa arab pegon), dan menafsirkanya. Bahkan tak jarang pula seorang santri yang beranggapan bahwa belajar kitab kuning sangatlah sulit. Sehubungan dengan hal itu seorang pendidik harus mempunyai metode yang tepat dalam mengajar supaya materi pembelajaran dapat tersampaikan sesuai dengan target yang telah ditentukan. Salah satu metode pembelajaran yang telah diterapkan dipondok pesantren adalah sistem sorogan. System sorogan adalah pengajian yang merupakan permintaan dari seorang atau beberapa orang santri kepada kyainya untuk diajarkan kitab tertentu. Pengajian dengan sistem sorogan ini biasanya diberikan kepada santri-santri yang cukup maju khususnya santri yang berminat hendak menjadi kyai. Ahmad Mutohar mendefinisikan metode sorogan adalah belajar secara individual dimana seorang santri berhadapan dengan seorang guru untuk mempelajari suatu materi pelajaran, sehingga terjadi interaksi langsung dan saling mengenal di antara keduanya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pengampu metode sorogan dan santri pondok pesantren Al Hidayah. Selain itu subjek pendukung dalam penelitian ini antara lain pengasuh serta pengurus pondok. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Implementasi Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al Hidayah Purwojati. Dalam menggali informasi yang diinginkan penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analis yang penulis gunakan adalah analisis data kualitatif dengan model Miles and Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data dan perikan kesimpuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode sorogan yang diterapkan dipondok pesantren Al Hidayah Purwojati merupakan kombinasi antara metode sorogan dan metode bandongan. Sedikit penulis gambarkan tentang pelaksanaannya yakni guru menambahkan materi dengan cara klasikal dan menguatkannya dengan cara yang individual yakni santri maju satu persatu menghadap ustadznya secara bergantian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Sorogan dan Kitab Kuning
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 12 Mar 2020 04:40
Last Modified: 12 Mar 2020 05:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7189

Actions (login required)

View Item View Item