MANAJEMEN KELAS UNGGULAN Di MTs NEGERI 3 PEMALANG

Azkiyani, Rahmatun Nida (2020) MANAJEMEN KELAS UNGGULAN Di MTs NEGERI 3 PEMALANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (618kB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Manajemen kelas unggulan di MTs Negeri 3 Pemalang adalah melaksanakan kegiatan pengelolaan berdasarkan pola fikir manajemen atau berdasarkan proses manajemen, yaitu perumusan tujuan kelas unggulan, perumusan peraturan kelas unggulan, pengembangan sarana dan prasarana kelas unggulan, pengembangan guru kelas unggulan, pengembangan layanan belajar kelas unggulan, dan pengawasan manajemen kelas unggulan. Latar belakang dalam penelitian ini bahwa MTs Negeri 3 Pemalang merupakan Madrasah Tsanawiyah yang menerapkan adanya program kelas unggulan dengan tujuan untuk mengembangkan pendidikan bagi anak yang memiliki potensi, kecerdasan, dan bakat unggul. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen kelas unggulan di MTs Negeri 3 Pemalang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cara befikir analisis kualitaitif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Informasi mengenai subjek penelitian didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap Kepala MTs Negeri 3 Pemalang, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, guru kelas unggulan, dan peserta didik kelas unggulan. Sedangkan metode analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, bahwa kelas unggulan MTs Negeri 3 Pemalang telah terimplementasikan dengan optimal ditandai dengan adanya perumusan tujuan kelas unggulan yang disusun oleh tim yang terdiri dari Kepala Sekolah, Dewan Guru beserta tutor kelas unggulan. Perumusan peraturan kelas unggulan dilakukan dengan matang dengan melibatkan unsur penting disekolah yakni kepala madrasah, semua guru, guru BK, dan komite. Pengembangan layanan belajar kelas unggulan ditandai dengan pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, perangkat pembelajaran dan solusi mengatasi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan sarana dan prasarana kelas unggulan ditandai dengan adanya perencanaan dan analisis kebutuhan, pengadaan sarana dan prasarana, pemeliharaan sarana dan prasarana dan solusi dalam mengatasi pengelolaan sarpras kelas unggulan. Pengembangan guru kelas unggulan ditandai dengan perekrutan, pembinaan dan pelatihan serta memberikan solusi mengatasi kendala dalam pelaksanaan kompetensi guru kelas unggulan. Pengawasan manajemen kelas unggulan ditandai dengan adanya supervisi perangkat pembelajaran oleh Kepala Sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen, Kelas Unggulan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 12 Mar 2020 04:26
Last Modified: 12 Mar 2020 06:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7186

Actions (login required)

View Item View Item