STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH KHOIRO UMMAH BENTAR SALEM BREBES

Jaid, 1717651043 (2020) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH KHOIRO UMMAH BENTAR SALEM BREBES. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
JAID_STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap lembaga pendidikan memiliki tujuan dalam menjalankan tugasnya, mampu mendiskripsikan dan memahami manajemen berbasis madrasah dapat mempengaruhi kualitas pendidikannya, sekaligus untuk mengetahui strategi dan program-program unggulan atas kualitas pendidikan di madrasah. Beberapa madrasah ibtidaiyah membutuhkan strategi dan program untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan mereka sebagai ciri khas pada madrasah. Kepercayaan masyarakat terhadap madrasah kini mengalami peningkatan. Maka, madrasah ibtidaiyah sebagai lembaga pendidikan dasar, membuat program yang salah satu hasilnya mengarah pada peningkatan kemampuan dan penguatan kepribadian peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Sumber data peroleh dari hasil wawancara dengan kepala madrasah, komite madrasah, guru, wali siswa diperkuat dengan dokumen yang relevan guna menghasilkan data yang lebih valid dan mengetahui program unggulan. Hasil analisis menunjukkan, implementasi manajemen berbasis madrasah (MBM) di MI Khoiro Ummah telah memiliki dasar manajemen yang kuat sehingga mempengaruhi team work di madrasah. MI Khoiro Ummah sebagai madrasah swasta memiliki kualitas tinggi, didukung dengan program-program unggulan yang berkelanjutan. Pemahaman visi dan misi menjadi penting untuk tetap selalu konsisten dalam mewujudkan manajemen yang kuat sebagai salah satu cara untuk melaksanakan program madrasah.Beberapa faktor penghambat program madrasah, komunikasi, pendampingan, leadership yang kuat. Penelitian ini bisa menjadi referensi bagi madrasah lain dalam menyusun program pendidikan madrasah untuk menunjukkan ciri khasnya, dalam pengadopsiannya juga perlu memperhatikan budaya yang terbangun di masing-masing madrasah agar persoalan dapat segera teratasi dengan baik, namun tidak menutup kemungkinan juga mengadopsi cara MI Khoiro Ummah untuk menyelesaikan persoalan sesuai dengan kondisi yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi peningkatan mutu pendidikan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 10 Mar 2020 01:34
Last Modified: 10 Mar 2020 01:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7152

Actions (login required)

View Item View Item