KOMODIFIKASI BATU MAGNET AZHIKRA DALAM IKLAN DI TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PEIRCE)

Aina Rahmawati, 1522102004 (2020) KOMODIFIKASI BATU MAGNET AZHIKRA DALAM IKLAN DI TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PEIRCE). Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AINA RAHMAWATI_KOMODIFIKASI BATU MAGNET AZHIKRA DALAM IKLAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penulis ingin membahas bagaimana agama dikomodifikasi dalam tayangan televisi khususnya iklan televisi. Iklan televisi merupakan salah satu media komunikasi yang sengaja dibuat untuk menarik khalayak dengan tujuan untuk memperoleh profit atau dapat dikatakan sebagai salah satu komoditas dalam media massa. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis iklan televisi Kalung Magnet Azhikra. Penelitian ini dilatar belakangi oleh desain kalung Azhikra menggunakan atribut nilai agama yaitu bandul yang berlafadzkan Allah. Nilai agama pada iklan ini menjadi komoditas sehingga terjadi pengalihan fungsi nilai agama menjadi nilai tukar. Tema ini menjadikan agama sebagai pemanfaatan dari kegunaannya yang kemudian ditransformasikan menjadi sebuah komoditas (nilai jual) dan kepentingan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk komodifikasi dalam iklan kalung ini dan bagaimana pemkanaan simbol lafadz Allah dalam kalung Azhikra tesebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepentingan pembuat iklan serta pelaku industri untuk mengajak masyarakat untuk menggunakan kalung kesehatan Azhikra tersebut. Melalui penggunaan visual tanda-tanda keagamaan, menjadi sesuatu yang mutlak untuk mendapatkan empatti dan simpati. Khalayak untuk membeli dan menggunakan produk Azhikra. Penulis menyadari bahwa tanda yang digunakan hanyalah sebagai konsep cerita yang untuk menpromosikan produk. Hal inilah yang menjadi komoditas seperti dikatakan Mosco tentang adanya pengalihan fungsi guna menjadi fungsi jual yang berwujud kapitali

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi, Batu Magnet, Iklan.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:50
Last Modified: 09 Mar 2020 04:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7149

Actions (login required)

View Item View Item