POLA INTERAKSI KIAI - SANTRI DALAM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH KEMBARAN BANYUMAS

HIDAYATULLOH, 1323308028 (2020) POLA INTERAKSI KIAI - SANTRI DALAM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH KEMBARAN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
HIDAYATULLOH_POLA INTERAKSI KIAI - SANTRI DALAM PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pesantren sebagai institusi pendidikan asli Indonesia yang bernafaskan Islam dikenal memiliki sistem sosial yang unik. Sebagai masyarakat kecil, pesantren tidak terlepas dari santri, kiai, kitab, masjid, dan asrama. Hubungan kiai dan santri pada umunya terjalin secara erat dalam kehidupan pesantren, bahkan setelah terpisahkan oleh kematian. Karenanya pembahasan tentang interaksi kiai dan santri dalam kehidupan pesantren, khususnya dalam proses pembelajaran menjadi sesuatu yang penting untuk dibahas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola interaksi yang terjalin antara kiai dan santri dalam pembelajaran di pondok pesantren Darussalam Dukuhwaluh. Penelitianinimerupakan penelitianlapanganyang bersifatdeskriptifkualitatif. Objek penelitian ini ialah pola interaksi kiai-santri dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah kiai dan santri pondok pesantren Darussalam Dukuhwaluh. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakanmetodeobservasi, metodewawancaradanmetodedokumentasisertatriangulasi data. Analisis data penelitianmenggunakanlangkah-langkahanalisisyaitureduksi data, penyajian data danverifikasi data. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa pola interaksi kiai-santri dalam pembelajaran di pondok pesantren Darussalam Dukuhwaluh terbangun secara bervariasi antara pola interaksi satu arah, dua arah dan multi arah.Pola interaksi satu arah lebih dominan digunakan dalam pengajian kitab Al-Burha>n, Tafsi>r Jala>lain, dan kitab Bulu>gul Mara>m, karena mempertimbangkan sifat bahan ajar yang menuntut adanya penyampaian keterangan secara luas. Pola interaksi dua arah lebih dominan dalam pengajian Al-Qur’an karena mempertimbangkan faktor tujuan, yaitu santri dapat membaca Al-Qur’an dengan benar, sehingga evaluasi secara langsung dilakukan oleh kiai saat pembelajaran. Pola interaksi multi arah lebih dominan dalam pengajian Tafsi>r Juz ‘Amma, Naz}m al-Maqs}u>d, Ulum al-Hadis\, Us}u>l al-Fiqhdan kelas progam peminatan kitab. Pola ini lebih dominan karena mempertimbangkan sifat bahan ajar yang menuntut adanya pemecahan masalah dan praktek penerapan kaidah secara bertahap. Kata-Kata Kunci: Interaksi, Kiai, Santri, Pembelajaran, dan Pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi, Kiai, Santri, Pembelajaran, dan Pesantren.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:10
Last Modified: 09 Mar 2020 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7137

Actions (login required)

View Item View Item