Mala, Muhammad Yusuf (2020) IMPLEMENTASI POLA ASUH DALAM MENGAJARKAN TOLERANSI PADA ANAK DI SOS CHILDREN’S VILLAGE SEMARANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB IA_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI FULL YUSUF.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas implementasi pola asuh dalam mengajarkan toleransi pada anak di SOS Children’s Village Semarang. Kajian skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya mengajarkan toleransi kepada anak oleh orang tua di dalam keluarga dan SOS Children’s Village Semarang, yang jika di lihat dari dewasa ini banyak sekali sikap toleransi yang mulai hilang dari Indonesia. Studi ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan pola asuh yang diajarkan oleh ibu asuh dalam mengajarkan toleransi, (2) Bentuk pola asuh yang diajarkan oleh ibu asuh tentang toleransi, (3) Faktor yang mendorong dan menghambat implementasi pola asuh dalam mengajarkan toleransi di SOS Children’s Village Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan analisis data yang menggunakan pengumpulan data dan pengukuran variable yang diteliti di lapangan. Kajian ini menunjukan bahwa : (1) Pengasuhan dalam mengajarkan toleransi kepada anak di SOS Children’s Village Semarang dilakukan dengan 2 (dua) hal yaitu melalui kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama semua warga SOS Children’s Village Semarang dan melalui proses pengasuhan yang dilakukan oleh ibu asuh kepada anak di dalam rumah keluarga. Sikap keberagamaan yang dibangun menggunakan Pluralisme, Toleransi Akidah, dan Toleransi Ibadah. (2) Bentuk-bentuk pola asuh yang diajarkan oleh ibu asuh kepada anak tentang tolernasi di SOS Children’s Village Semarang, sudah menjadi bagian penting dalam hidup di lingkungan SOS, seperti mengajarkan secara langsung dengan turut serta dalam kegiatan bersama. (3) Pengasuhan dalam mengajarkan toleransi kepada anak di SOS Children’s Village Semarang dipengaruhi dengan beberapa faktor yang menghambat dan mendukung dalam mengajarkan toleransi pada anak. Keterbatasan wawasan anak tentang toleransi, seperti belum memahami waktu untuk bertoleransi dengan yang berbeda agama contohnya mengucapkan selamat atas merayakannya hari besar kepada anak yang berbeda agama namun diwaktu yang tidak tepat, suasana sosial yang tidak boleh dicampuradukan dengan urusan agama. Lalu kondisi atau suasana lingkungan yang sangat mendukung untuk mengajarkan toleransi secara langsung, turut merayakan hari besar agama sendiri maupun agama lain namun hanya sekedar mengucapkan selamat tak mengikuti berdoa bagi yang berbeda agama, kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di SOS Children’s Village Semarang yang melibatkan semua anggota SOS juga sebagai salah satu hal yang mengajarkan anak bertoleransi secara langsung mempraktikannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh, Toleransi, Sos Children’s Village Semarang |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 01:43 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 01:43 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7136 |
Actions (login required)
View Item |