STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI 2 KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RANTI NUR ARIDA, NIM. 1123302076 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI 2 KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
Ranti Nur Arida_STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI 2 KROYA KABUPATEN CILACAP TAHU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran, terkadang memunculkan rasa kebosanan atau kejenuhan terhadap siswa, hal itu dikarenakan adanya beberapa faktor salah satunya adalah dari guru, yang mana guru dalam menyampaikan materi sangat monoton dan tidak kreatif. Oleh sebab itu, dibutuhkan seorang guru yang bisa memberikan sebuah strategi yang inovatif dan menyenangkan. di SMA Negeri 2 Kroya Kabupaten Cilacap, salah satu permasalahan yang mendasar adalah masih ada beberapa siswa yang belum faham dengan huruf hijaiyyah, hal ini yang melatar belakanginya adalah faktor pendidikan yang kebanyakan peserta didik berasal dari SMP. Permasalahan ini membutuhkan kerja keras guru bahasa Arab agar nantinya siswa dapat mengikuti pelajaran bahasa Arab, dan diharapkan dengan adanya penerapan keterampilan bahasa dapat memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di Kelas X SMA Negeri 2 Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif. Subyek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru bahasa Arab, dan siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran bahasa Arab di SMA Negeri 2 Kroya kelas X, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbahasa sudah diterapkan dengan baik dan dapat mempermudah dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Yaitu sebagai berikut: Dalam Pembelajaran Istima’ menggunakan strategi talkhis magza,. Dalam Pembelajaran Kalam menggunakan strategiTa’bir al-ara’al-Ra’isiyah. Dalam Pembelajaran Qira’ah menggunakan strategi qira’ah jahriyyah. Dalam Pembelajaran Kitabah menggunakan strategi Musyarakat al-kitabah al-fa’alah, Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 10 Aug 2016 02:08
Last Modified: 10 Aug 2016 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item View Item