STRATEGI PENINGKATAN NASABAH PEMBIAYAAN KPR iB DI PURBALINGGA (Studi Kasus KPR Syariah pada BRI Syariah KCP Purbalingga)

TITAN OKTAVIANI PUTRI, 1522202078 (2020) STRATEGI PENINGKATAN NASABAH PEMBIAYAAN KPR iB DI PURBALINGGA (Studi Kasus KPR Syariah pada BRI Syariah KCP Purbalingga). Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text
TITAN OKTAVIANI PUTRI_STRATEGI PENINGKATAN NASABAH PEMBIAYAAN KPR iB DI PURBALINGGA (Studi Kasus .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada zaman saat ini beberapa hal mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini bisa dilihat dari munculnya properti perumahan/real estate baru di beberapa tempat dengan bermacam – macam harga yang ditawarkan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, sektor real estate tumbuh di triwulan I 2018, yakni 3,23%. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan pencapaian di kuartal I 2017 yang Cuma 2,86%. KPR adalah layanan yang diberikan oleh bank kepada para nasabah dan calon nasabah untuk mendapatkan pembiayaan kepemilikan/pembelian rumah baik itu di perumahan/bekerja sama dengan kontraktor atau rumah milik perseorangan. Dengan bertambahnya kepadatan penduduk maka pembangunan pemukiman semakin pesat, harga rumah menjadi mahal. Bank menggunakan kesempatan ini dengan memanfaatkan KPR agar masyarakat dapat memiliki rumah secara mudah, apalagi dengan maraknya bank syariah, kini perbankan mempunyai dua opsi untuk KPR. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data kualitatif berbentuk deskriptif berupa kata – kata, lisan atau tulisan tentang tingkah laku manusia yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode penelitian lapangan (Field Research) yang merupakan penelitian secara langsung dilakukan oleh penulis ke tempat penelitian di BRI Syariah KCP Purbaligga. Analisis data yang dinggunakan menggunakan model Miles dan Huberman dan uji keabsaha data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi peningkatan nasabah menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang diterapkan dapat meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan KPR iB. Produk KPR iB terdiri dari KPR Sejahtera dengan menggunakan fasilitas FLPP untuk masyarakat MBR dan KPR Griya Faedah. Kemudahan nasabah dalam mencicil pembiayaan hingga lunas dan promosi yang dilakukan melalui media elektronik dan media cetak. Kata Kunci: KPR (Kredit Pemilikan Rumah), Pemasaran, Pembiayaan, Marketing Mix

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KPR (Kredit Pemilikan Rumah), Pemasaran, Pembiayaan, Marketing Mix
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 04 Mar 2020 03:13
Last Modified: 04 Mar 2020 03:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7100

Actions (login required)

View Item View Item