METODE PEMBELAJARAN ALFIYYAH IBNU MALIK DI KELAS IV MADRASAH DINIYYAH ATH-THOHIRIYYAH KEDUNGBANTENG BANYUMAS

Faisal Mu’asif, 1522403053 (2020) METODE PEMBELAJARAN ALFIYYAH IBNU MALIK DI KELAS IV MADRASAH DINIYYAH ATH-THOHIRIYYAH KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
BAB 1 DAN BAB 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FAISAL MU'ASIF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Metode pembelajaran Alfiyyah Ibnu Malik merupakan seperangkat cara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan ilmu kepada anak didiknya yang berlangsung dalam proses belajar mengajar. Penerapan metode yang kurang tepat akan membuat tujuan yang hendak dicapai pada akhir proses pembelajaran tidak tercapai. Apabila guru dapat menguasai metode maka ia dapat memilih metode yang bagus, tepat, dan sesuai dengan materi pelajaran, bahan ajar, murid, situasi dan kondisi, serta media pembelajaran. Pesantren Ath-Thohiriyyah adalah lembaga pendidikan non formal yang di dalamnya terdapat dua program pendidikan, yaitu program tahfidz dan program Madrasah Diniyyah. Santri yang mengikuti program Madrsah Diniyyah ketika mengikuti lomba membaca kitab antar pesantren ditingkat Kabupaten selalu mendapat juara yang bergengsi dan juga diakhir semesternya ada ujian munaqosyah yang diperuntukkan untuk kelas IV. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Metode Pembelajaran Alfiyyah Ibnu Malik di Kelas IV Madrasah Diniyyah Ath-Thohiriyyah Kedungbanteng Banyumas ?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran Alfiyyah Ibnu Malik di kelas IV Madrasah Diniyyah Ath-Thohiriyyah Kedungbanteng Banyumas. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti langsung turun ke lapangan guna mendapatkan data-data yang valid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini guna memperoleh data-data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah ustadz pengampu pelajaran dan santri kelas IV Madrasah Diniyyah Ath-Thohiriyyah. Hasil dari penelitian yang dilakukan di Madrasah Diniyyah Ath-Thohriyyah, dapat diambil kesimpulan bahwa di Madrasah ini menggunakan 6 metode dalam pembelajaran Alfiyyah Ibnu Malik yaitu bandongan, sorogan, diskusi, tanya jawab, presentasi dan hafalan. Kata Kunci: Alfiyyah Ibnu Malik, Madrasah Diniyyah, Metode.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alfiyyah Ibnu Malik, Madrasah Diniyyah, Metode.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.343 Majelis Ta'lim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 03 Mar 2020 06:12
Last Modified: 03 Mar 2020 06:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7089

Actions (login required)

View Item View Item