PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA MA MAARIF NU CILONGOK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2019-2020

RIMA DWI RAKHMAWATI, 1522403078 (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA MA MAARIF NU CILONGOK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
RIMA DWI RAKHMAWATI_PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

PenelitianinidilatarbelakangiolehpembelajaranBahasa Arab yang dilaksanakan di sekolah/madrasah masihberpusatpada guru (teacher center) dankemampuanmembacasiswa yang kurangbaik.Pembelajaran di kelasmasihmenggunakanmetodekonvensional yang tidakmemberikebebasankepadasiswauntukaktif di kelassehinggasiswacepatmerasabosandenganpembelajaran yang dilaksanakan.Sehinggaperluadanyasolusi agar pembelajaranbahasa Arab menjadilebihmenarikdanmembuatsiswatidak antipasti terhadappembelajaranbahasa Arab khususnyapadamateriqiro’ah (membaca).Dalampembelajaranqiro’ah (membaca), siswaperludiarahkanpadaaktivitas-aktivitas yang mendorongsiswaaktif di dalamkelas (student center).Pembelajaranbahasa Arab padamateriqiro’ahjugaharusmengakrabkansiswadenganlingkungannya.Salah satustrategipembelajaran yang berorientasipadasalingberkomunikasinyasiswasatudenganlainnyayaitustrategipembelajarankooperatif jigsaw. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) denganmenggunakanmetodepenelitianeksperimentwo group pre-test post-test design.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas X IIS MA Maarif NU CilongokBanyumastahunpelajaran 2019-2020.Instrumenkemampuanmembacaberupatesberbentukpilihangandadanbenarsalah yang telahdiujivaliditasdanreliabilitasnya.Analisis data menggunakanuji N-Gain. Hasilpenelitianiniadalahadanyapengauhstrategipembelajarankooperatif jigsaw terhadapkemampuanmembacateksbahasaarabsiswa di MA Maarif NU 1 CilongokBanyumasdenganhasil rata-rata G-kontroldan G-eksperimen. Sehinggadapatdisimpulkanterdapatpengaruhpositifstrategipembelajarankooperatif jigsaw terhadapkemampuanmembacateksbahasa Arab siswa MA Maarif NU 1 CilongokBanyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: StrategiPembelajaranKooperatif Jigsaw, Kemampuanmembaca
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 03 Mar 2020 01:25
Last Modified: 03 Mar 2020 01:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7085

Actions (login required)

View Item View Item