PERAN GURUBIMBINGAN DAN KONSELING (BK) DALAM MEMBENTUK AKTUALISASI DIRI SISWA KELAS XI DI MAN 2 BREBES

SITI MAGHFIROH, 1522101088 (2020) PERAN GURUBIMBINGAN DAN KONSELING (BK) DALAM MEMBENTUK AKTUALISASI DIRI SISWA KELAS XI DI MAN 2 BREBES. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (747kB) | Preview
[img] Text
SITI MAGHFIROH_PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) DALAM MEMBENTUK AKTUALISASI DIRI SISWA KEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru bimbingan dan konseling adalah profesi yang memiliki tanggung jawab, dan hak terhadap para siswanya agar para siswa dalam mengembangkan diri, memandirikan diri mereka bisa terarah dengan baik, dan memebantu para siswa dalam menghadapi setiap masalahnya baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah, serta dapat memberikan pelayanan yang tepat dalam membantu para siswanya dalam pengembangan diri mereka sesuai dengan pengetahuan yang dimilki guru bimbingan dan konseling. Dalam permasalahan siswa SMA biasanya sering terjadi yaitu terkait dengan pengaktualisasian diri, yaitu tentang kebutuhan untuk mengeluarkan potensi yang ada dalam diri para siswa. Aktualisasi diri juga bisa diartikan sebagai ekpresi, pengaplikasian siswa teradap minat dan bakat mereka yang harus mereka bisa tonjolkan. Pengaktualisasian diri juga merupakan, perilaku yang mampu melakukan bakat atau minat yang dimilki seseorang atau siswa sesuai yang diinginkan. Dengan kebingungan dan kegalauan siswa akan pontensi yang dimiliki, membutuhkan peran guru bimbingan dan kondeling (BK) dibutuhkan untuk membimbing, memberikan arahan dan juga memotivasi kepada siswa sehingga siswa dapat mengeksplor dan mengaplikasikan potensi yang dimilkinya. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui apa saja peran dari guru BK dalam membentuk aktualisasi diri siswa di MAN 2 Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pihak yang menjadi subyek dari penelitian yaitu guru BK yang memilki tanggung jawab atau tugas pada kelas XI di MAN 2 Brebes. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah, wawancara, observssi, penyajian data, dan penariakn kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam membentuk aktualisasi diri siswa yakni: bahwa guru Bimbingan dan Konseling (BK) berperan sebagai pembina, mengembangkan diri siswa, sebagai motivator, sebagai pembimbing, dan menjadi teman untuk siswanya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru BK, Aktualisasi Diri. Peran Guru BK, Aktualisasi Diri.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 02 Mar 2020 04:24
Last Modified: 02 Mar 2020 04:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7080

Actions (login required)

View Item View Item