PERANAN STRATEGI IKLAN DAN PERSONAL SELLING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA KOPERASI PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) BHINA RAHARJA CABANG BANJARNEGARA

Setyani, Wahyu Meihenna (2020) PERANAN STRATEGI IKLAN DAN PERSONAL SELLING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA KOPERASI PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) BHINA RAHARJA CABANG BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WAHYU MEIHENNA SETYANI_PERANAN STRATEGI IKLAN DAN PERSONAL S.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Koperasi merupakan kumpulan orang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi melalui usaha yang dijalankan anggota sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi. Koperasi simpan pinjam adalah salah satu jenis koperasi yang mempunyai kegiatan utama adalah menyediakan jasa penyimpanan dan peminjaman dana kepada anggota koperasi dengan tujuan memajukan kesejahteraan anggota koperasi dan juga masyarakat. Koperasi Simpan Pinjam Bhina Raharja meruapakan koperasi yang bergerak di bidang usaha Simpan Pinjam dan salah satunya di Banjarnegara yang berdiri sejak tahun 2004. KSP Bhina Raharja cabang Banjarnegara memasarkan produknya dengan melakukan kegiatan iklan dan personal selling untuk upaya meningkatkan jumlah anggota koperasi. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang dikemukakan adalah bagaimanakah upaya yang dilakukan KSP Bhina Raharja cabang Banjarnegara dalam meningkatkan jumlah anggota koperasi dengan menggunakan iklan dan personal selling? Promosi merupakan sarana atau alat perantara untuk mengkomunikasikan barang atau jasa dengan tujuan untuk meyakinkan kepada calon anggota koperasi. Mengingat persaingan juga tidak hanya dari antar koperasi satu dengan lainnya saja tetapi pesaing juga datang dari lembaga perbankan yang sangat tinggi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), melalui pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengetahui bagaimanakah upaya untuk meningkatkan jumlah anggota koperasi pada KSP Bhina Raharja cabang Banjarnegara. Dalam usaha meningkatkan jumlah anggota koperasi apa yang telah dilakukan oleh KSP Bhina Raharja cabang Banjarnegara dapat dikatakan sudah berhasil dalam meningkatkan jumlah anggota koperasi karena pada setiap bulannya mengalami peningkatan jumlah anggota. Pelayanan kepada konsumen dilakukan di kantor dan di luar kantor pada saat sedang melakukan penjualan pribadi dan kegiatan periklanan. Untuk meningkatkan jumlah anggota koperasi yaitu dengan menggunakan kegiatan promosi melalui iklan dan personal selling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Personal selling, Koperasi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 02 Mar 2020 04:13
Last Modified: 02 Mar 2020 04:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7078

Actions (login required)

View Item View Item