AKTIVITAS BELAJAR ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER) DI KB CHALITA INTERNATIONAL PRESCHOOL SUMAMPIR KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

Mirli Atun Sholihah, 1522406057 (2020) AKTIVITAS BELAJAR ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER) DI KB CHALITA INTERNATIONAL PRESCHOOL SUMAMPIR KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (782kB) | Preview
[img] Text
MIRLI ATUN SHOLIHAH_AKTIVITAS BELAJAR ANAK ADHD (ATTENTION D.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas belajar anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di KB Chalita International Preschool Sumampir Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field researc atau penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini penulis memilih Kepala Sekolah dan pendidik yang membimbing anak ADHD tersebut. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah aktivitas belajar anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola pembelajaran yang digunakan pada KB Chalita International Preschool Sumampir yaitu grouping dan individual learning, adapun aktivitas belajar anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), meliputi kegiatan visual anak yang masih belum terlalu fokus terhadap kegiatan yang sedang mereka lakukan, kegiatan lisan sebagian besar anak penyandang ADHD mengalami keterlambatan bicara sehingga dalam berkomunikasi sedikit susah, kegiatan mendengarkan anak sering kali bingung terhadap arahan, kegiatan menulis dan kegiatan menggambar belum intensif dilakukan anak masih dalam tahap pengembangan motori halus anak, kegiatan mentalmasih sebatas melakukan kegiatan atas kemauannya sendiri tanpa mengetahui perbuatan itu dapat merugikan orang lain atau tidak, kegiatan emosi cenderung meledak-ledak jika kegiatan pembelajaran tidak sesuai dengan keinginannya, dan anak ADHD memiliki aktivitas motorik yang berlebih saat anak mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Anak ADHD
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Feb 2020 07:47
Last Modified: 28 Feb 2020 07:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7066

Actions (login required)

View Item View Item