INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM BABAKAN KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP

Iwan, Burhanudin (2016) INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM BABAKAN KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
IWAN BURHANUDIN_INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan pendidikan Islam adalah mengarah pada satu tujuan pembentukan moral anak atau akhlak bangsa. Internalisasinilai-nilai agama Islam padaanakmerupakan pondasi yang kokohdansangatpentingkeberadaanya, karenahalterssebutmerupakanawalbaikbagipendidikananakbangsauntukmenjalanipendidikanselanjutnya.Bangsa Indonesia sangatmenjunjungtingginilai-nilai agama khususnya agama Islam.Namundalamrealitaszamansekaranginiterdapatsesuatu yang memprihatinkandalamduniapendidikan yang belummencerminkannilai-nilai agama.Sepertitawuranantarpelajar, penggunanobat-obatanterlarang, pelecehanseksualdan lain-lain.Jikaditelusurilebihjauhlagi, sebenarnyakeadaan yang demikianinitidakterlepasdari basic pendidikanpadamasalampau, yang bolehjadipadamasaituinternalisasinilai-nilai agama Islam masihbelumtersentuhsecaramaksimal. Bagaimana proses internalisasinilai-nilai agama Islam padapesertadidik di SMP Islam BabakanKarangpucungKabupatenCilacap? Persoalaniniakandijawabdenganbeberapatujuandanmetodepenelitian. Adapun tujuannya yaitu; 1) Internalisasi nilai-nilai agama Islam pada peserta didik di SMP Islam Babakan yaitu bertujuan menanamkan nilai-nilai agama Islam berupanilai akidah, nilai akhlak da nnilai ibadah. 2) Materiinternalisasinilai-nilai agama Islam padapesertadidik di SMP Islam Babakan yaitu terbiasa mengucapkan salam kepada sesama, menghafal dan mengamalkanisipokokasmaulhusna, melaksanakan shalat sunah dan shalat wajib secara berjamaah. 3) Metodeinternalisasi agama Islam padapesertadidik di SMP Islam Babakanmeliputimetodeketeladanan, pembiasaan, perhatian, nasehatdanhukuman. Sedangkanmetodepenelitian yang digunakanyaitu; (1) Metodeobservasi, digunakanuntukmemperolehgambaranmengenaiinternalisasinilai-nilai agama Islam. (2) Metode wawancara digunakanuntuk memperoleh data mengenai internalisasi nilai-nilai agama Islam dan mengetahui sejarah berdirinya sekolahan. (3) Metodedokumentasi, digunakan untuk mencari data mengenai hal-halatauvariabel yang berupa catatan, notulen, dan agenda. Sedangkan analisis yang digunakan : (1) Reduksi data digunakan untuk membuat rangkumanintidari data yang telahdiperoleh. (2) Penyajian data digunakan untukmenyajikan data atau informasi yang telah diperoleh. (3) Conclusion Drawing digunakan untuk mengambil kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internasilasi, SMP ISlam Babakan, Salam
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 10 Aug 2016 00:25
Last Modified: 12 Aug 2016 07:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/706

Actions (login required)

View Item View Item