KORELASI ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF SIKAMPUH KROYA

Widia Eka Saputri, 1522403092 (2020) KORELASI ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF SIKAMPUH KROYA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
WIDIA EKA SAPUTRI_KORELASI ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta-fakta di lapangan menemukan permasalahan berupa rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Salah satu faktor yang diduga berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab adalah lingkungan belajar mereka. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Metode survei digunakan untuk meneliti populasi dan sampel yang dipilih secara random. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 responden diperoleh dari teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis produk momen yang berfungsi untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara lingkungan belajar terhadap aktivitas belajar bahasa Arab bagi siswa kelas VII MTs Ma’arif Sikampuh Kroya. Dari analisa data didapat hasil kesimpulan bahwa kondisi lingkungan belajar di MTs Ma’arif Sikampuh Kroya termasuk kategori sedang, begitupula aktivitas belajar bahasa Arab kelas VII MTs Ma’arif Sikampuh Kroya juga termasuk pada kategori sedang dengan didukung bukti hasil hitungan prosentase jawaban siswa sebesar 69%. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan besarnya nilai sig. < 0,005, yang mengandung pengertian bahwa ada korelasi antara lingkungan belajar dengan aktivitas belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Ma’arif Sikampuh Kroya Cilacap yang ditunjukkan oleh korelasi Produk Moment sebesar r xy = 0,537.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Bahasa Arab, Lingkungan Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:29
Last Modified: 27 Feb 2020 07:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7045

Actions (login required)

View Item View Item