PROMOSI PRODUK DI TEMPAT UMUM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Promosi Handphone OPPO Di Meteor Cell Banjarnegara)

Leni, Rahmawati (2020) PROMOSI PRODUK DI TEMPAT UMUM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Promosi Handphone OPPO Di Meteor Cell Banjarnegara). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
PROMOSI PRODUK DI TEMPAT UMUM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (753kB) | Preview

Abstract

Praktik promosi produk dapat dilakukan oleh perusahan-perusahaan untuk memenuhi, mempromosikan maupun memasarkan sesuai dengan etika bisnis Islam dengan mendasarkan tujuan seperti, modifikasi tingkah laku, memberitahu membujuk dan mengajak. Dengan begitu banyaknya praktik promosi dimana karyawan sebagai daya tarik untuk meningkatkan penjualan, dan karyawan dituntut untuk dapat menarik perhatian konsumen sebagaimana yang dilakukan di Toko Meteor Cell Banjarnegara. Oleh karenanya, pokok permasalahan yang diambil pada penelitian ini adalah bagaimana praktik promosi produk di tempat umum perspektif etika bisnis Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam (field research), penelitian yang dilakukan langsung di lapangan, dengan metode pengumpulan data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan metode dokumentasi. Penelitian ini yakni metode penelitian kualitatif. Analisis data deskriptif yaitu metode yang menunjukan kepada subjek penelitian berdasarkan data. Bahwa praktik yang dilakukan di toko Meteor Cell Banjarnegara tidak sesuai dengan etika bisnis Islam, dimana di dalamnya terdapat musik (malahi), tidak menutup aurat yaitu menggunakan riasan yang berlebih, menggunakan baju yang ketat atau membentuk tubuh, karyawan dituntut untuk berjoged-joged sebagai daya tarik dan menganggu ketertiban umum. Karena dalam hal ini etika bisnis islam mengatur bahwa pelaku promosi harus tidak mengumbar aurat, tidak menggunakan media yang haram, dan bisnis tidak boleh mengganggu kegiatan ibadah. Sedangkan dilihat dari promosi ditempat umum yaitu tidak merugikan orang lain dan tidak memakai fasilitas untuk sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: etika bisnis, etika pemasaran, pemasaran islami
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 27 Feb 2020 01:13
Last Modified: 27 Feb 2020 01:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7037

Actions (login required)

View Item View Item