Muniroh, Musfiatul (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN BERBASIS FITRAH DAN ADAB DI TK ADZKIA BANJARNEGARA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (898kB) | Preview |
|
|
Text
MUSFIATUL MUNIROH_IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan berbasis fitrah dan adab merupakan kurikulum khas yang dimplementasikan di TK Adzkia Banjarnegara, kurikulum ini bertujuan untuk menumbuhkan potensi fitrah yang dibawa sejak lahir yang diiringi dengan internalisasi atau pembiasan adab, untuk pengelolaan kurikulum khas tersebut, maka aspek manajemen kurikulum pendidikan harus dilaksanakan secara terprogram dan terintegrasi yaitu dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian dengan menggunakan kurikulum pendidikan berbasis fitrah dan adab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pendidikan berbasis fitrah di TK Adzkia Banjarnegara, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, desain penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Adzkia Banjarnegara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Sumber data diperoleh melalui obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Sebagai narasumber dalam penelitian ini adalah pendiri TK Adzkia, kepala sekolah dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model miles and huberman yaitu dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil análisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa Manajemen pendidikan berbasis fitrah dan adab di TK Adzkia Banjarnegara dilaksanakan dengan penegembangan karakter keteladanan, pengmbangan logika dan daya cipta, pengembangan leadership serta pengembangan mental wirausaha. Adapun nilai-nilai adab yang di internalisasikan pada proses pendidikan di TK Adzkia Banjarnegara dikenal dengan 18 sikap Adzkia yaitu hormat, jujur, mutu, bersih, kasih sayang, sabar, sukur, ikhlas, disiplin, tanggungjawab, khusyu’, rajin, berfikir positif, ramah, rendah hati, qonaah, taqwa dan istiqomah. Sikap-sikap tersebut dikembangkan dengan pendidikan berbasis fitrah dan adab yang meliputi fitrah individu, fitrah sosial, fitrah bahasa, fitrah bernalar, fitrah belajar serta fitrah perkembangan jasamani. Dalam pelaksanaan pembelajaran, penanaman sikap dan fitrah diterapkan dalan metode BCCT, stimulus kecerdasan majemuk, konsep ESQ, dan konsep neurosains. Faktor pendukung dalam manajemen pendidikan berbasis fitrah yaitu dinas pendidikan dan pemerintah daerah, komite dan orang tua peserta didik. Faktor penghambat pelaksanaan manajemen pendidikan berbasis fitrah adalah beberapa orang tua peserta didik yang belum memahami sepenuhnya konsep pendidikan berbasis fitrah sehingga potensi fitrah peserta didik belum muncul dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen pendidikan, pendidikan berbasis fitrah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 25 Feb 2020 08:37 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 08:37 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7021 |
Actions (login required)
View Item |