Strategi Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Pendidik dan Kependidikan di Srambi PAUD Center Purwokerto

Munjiatun, 1717652012 (2020) Strategi Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Pendidik dan Kependidikan di Srambi PAUD Center Purwokerto. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
MUNJIATUN_STRATEGI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI SRAMBI PAU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

PAUD dari sisi kelembagaan semakin mengalami peningkatan kuantitas. Namun sayangnya peningkatan dari sisi kuantitas belum dibarengi dengan peningkatan dari sisi kualitas. Penyelenggaraan layanan PAUD masih asal jalan. Salah satu penyebabnya adalah karena belum semua lembaga PAUD memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Dari hasil observasi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di beberapa lembaga PAUD pada kabupaten Banyumas ditemukan satu lembaga PAUD yang memiliki program pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan. Lembaga PAUD tersebut adalah Srambi PAUD Center Purwokerto. Pada Srambi PAUD Center Purwokerto pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan dilakukan melalui kegiatan pelatihan dan pengembangan. Tujuannya adalah agar didapat sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten. Sedangkan manfaatnya adalah tujuan tersebut tercapai maka hal itu akan berimplikasi pada tercapainya visi lembaga. Berdasarkan hasil observasi awal tersebut kemudian penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam tentang strategi pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan di Srambi PAUD Center Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Data dikumpulkan menggunakna teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data kemudian digunakan teknik triangulasi sumber data. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan di Srambi PAUD Center Purwokerto dilakukan melalui empat tahap. Pertama, tahap perencanaan pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan. Pada tahap ini dilakukan analisis terhadap keadaan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan, perumusan tujuan, perumusan strategi program, penetapan target program, dan jadwal pelaksanaan program. Kedua, tahap pengorganisasian pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan. Tahap ini dilakukan dengan melakukan menentukan pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program, sosialisasi program, melakukan koordinasi program, dan menetapkan aturan program. Ketiga, tahap pelaksanaan pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan. Pada tahap ini kepala PAUD bekerjasama dengan direktur melaksanakan program pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan melalui kegiatan pembinaan, pelatihan, dan benchmarking. Keeempat, tahap penilaian pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan. Pada tahap ini dilakukan kegiatan supervisi terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengetahui dampak positif yang dihasilkan setelah mereka mengikuti program. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa program pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan di Srambi PAUD Center berimplikasi pada pencapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian. Ketercapaian standar tersebut mengantarkan lembaga terakreditasi A dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat bahwa lembaga mampu menyelenggarakan layanan PAUD yang bermutu. Kata kunci: kependidikan, pendidik, pelatihan, pengembangan, strategi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kependidikan, pendidik, pelatihan, pengembangan, strategi.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Manajemen Personalia
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:53
Last Modified: 24 Feb 2020 03:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7004

Actions (login required)

View Item View Item