KONSEP AKHLAK TERPUJI DALAM TAFSIRJUZ ‘AMMA FOR KIDS (Kajian Psikolinguistik terhadap QS. Al-‘Ashr dan QS. Al-Insyirah)

Aisyah Auliyaunnisa, 1617501004 (2020) KONSEP AKHLAK TERPUJI DALAM TAFSIRJUZ ‘AMMA FOR KIDS (Kajian Psikolinguistik terhadap QS. Al-‘Ashr dan QS. Al-Insyirah). Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
AISYAH AULIYAUNNISA_KONSEP AKHLAK TERPUJI DALAM TAFSIR JUZ ‘.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB IV KESIMPULAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)

Abstract

Tafsir Juz ‘Amma for Kids hadir sebagai salah satu solusi dari keresahan para orang tua terkait proses perkembangan karakter anak. Pengenalan akan isi kandungan al-Qur’an perlu dikenalkan sejak usia anak-anak, sehingga karakter anak bisa terbentuk sesuai dengan yang diajarkan dalam al-Qur’an. Penelitian ini mengkaji dua masalah utama yaitu: 1. Bagaimana Tafsir Juz ‘Amma for Kids mendeskripsikan konsep akhlak terpuji dalam Qs. Al-‘Ashr dan Qs. Al-Insyirah?2. Bagaimana Tafsir Juz ‘Amma For Kids mengaplikasikan teori psikolinguistik dalam Qs. Al-‘Ashr dan Qs. Al-Insyirah? Kajian tafsir pada penelitian ini fokus pada pembahasan surat al-‘Ashr dan al-Insyirah, keduanya banyak mengandung nilai-nillai akhlak yang cocok untuk diajarkan pada anak. Seperti nilai iman, beramal shaleh, saling menasehati dalam kebenaran, sabar, dan disiplin yang terkandung dalam surat al-‘Ashr, sertai nilai ikhlas, kerja keras, syukur, dan tawakal yang diajarkan dalam surat al-Insyirah. Lewat kajian psikolinguistik peneliti ingin menunjukan bahwa dalam melalui sebuah proses pembelajaran linguistik akan banyak memengaruhi kualitas psikologi seseorang, yang mana dalam penelitian ini objeknya adalah anak-anak. Sebagai pendidik atau orang tua harus kreatif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan,sehingga anak mudah dalam menerima pesan yang terkandung dalam al-Qur’an. Dalam membahas penerapan nilai-nilai akhlak terpuji, peneliti mengelompokkan menjadi tiga tahap yaitu tahap pra oprasional, tahap oprasional konkrit, dan tahap oprasional formal. Cara pembelajaran antara tahap satu ke tahap yang lain tentu berbeda, menyesuaiakan karakter usia anak. Dengan menggunakan teori psikolinguistik dalam mengkaji konsep akhlak terpuji dalam Tafsir Juz ‘Amma for Kids, para orang tua bisa tau apa yang terjadi pada anak ketika mempelajari tafsir al-Qur’an, sehingga ketika terlihat ada kelainan dalam proses pemahaman makna tafsir pada anak, dan orang tua bisa dengan sigap mengambil tindakan yang tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tafsir, Juz’Amma, Akhlak, dan Psikolinguistik.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:39
Last Modified: 24 Feb 2020 03:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7002

Actions (login required)

View Item View Item