KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELAS TINGGI DI MI MA’ARIF NU KARANGNANGKA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Yuli, Farah Dina (2020) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELAS TINGGI DI MI MA’ARIF NU KARANGNANGKA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
Yuli Farah Dina_KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELAS TINGGI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (921kB) | Preview

Abstract

Guru adalah bagian yang paling menentukan dalam proses pendidikan yang secara keseluruhan harus mendapat perhatian sentral dan utama. Figur yang satu ini senantiasa akan menjadi sorotan strategis ketika berbicara masalah pendidikan karena guru selalu terkait dengan komponen manapun dalam sistem pendidikan. Guru juga sangat menentukan keberhasilan pesertadidik, terutama dalam proses belajar mengajar. Guru merupakan komponen yang berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, upaya perbaikan apapun yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak akan memberikan sumbangan yang signifikan tanpa didukung oleh guru yang profesional dan berkualitas. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh oleh penulis yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru kelas tinggi di MI Ma’arif NU Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas sudah sesuai dengan indikator-indikator kompetensi profesional menurut Peraturan MenteriPendidikanNasional No 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru, seperti: menguasai materi, struktur dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran bidang pengembangan yang diampu, mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, mengembangkan keprofesional secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, MI Ma’arif NU Karangnangka
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:35
Last Modified: 21 Feb 2020 03:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6988

Actions (login required)

View Item View Item