PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS 3 B DI SDN 1 KEDUNGWULUH KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGATAHUN PELAJARAN 2019/2020

TUNJUNG FAJAR RIYANTO, 1522402250 (2020) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS 3 B DI SDN 1 KEDUNGWULUH KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGATAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text
TUNJUNG FAJAR RIYANTO_PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas III SD Negeri 1 Kedungwuluh Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga, sebelum diadakan penelitian tindakan kelas dari 20 siswa baru 5 siswa saja yang telah tuntas dan mendapatkan nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu ≥ 70 dan 15 siswa belum tuntas atau mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. Penulis sebagai pengampu pada mata pelajaran PAI tersebut ingin memperbaiki hasil belajar siswa dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode demonstrasi. Dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Dari tiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pelaksanaannya, peneliti dibantu oleh teman sejawat sebagai pengamat. Hasilpenelitian ini yaitu; penggunaanmetode demonstrasidaritemuandanrefleksi,selama siklusIdansiklusIItelahberimplikasibaikterhadaphasilbelajarsiswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dengan naiknya hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Kedungwuluhpada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada saat pra siklus dari 20 siswa hanya 5 siswa yang tuntas KKM atau 35% pada siklus I naik menjadi 15 siswa yang tuntas KKM atau sebanyak 75% dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 19 siswa atau 95%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :Hasilbelajar, PAI, MetodeDemonstrasi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Feb 2020 06:26
Last Modified: 21 Feb 2020 06:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6986

Actions (login required)

View Item View Item