EVALUASI PROGRAM PENGEMBANGAN ISLAMI DI TARBIYATUL ATHFAL UMAR BIN KHATTAB KECAMATAN MREBET PURBALINGGA

Ferdani, Tri Utami (2020) EVALUASI PROGRAM PENGEMBANGAN ISLAMI DI TARBIYATUL ATHFAL UMAR BIN KHATTAB KECAMATAN MREBET PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
FERDANI TRI UMAMI_EVALUASI PROGRAM PENGEMBANGAN ISLAMI DI TARBIYATUL ATHFAL UMAR BIN KHATTAB KECA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Eksistensi visi sangat penting bagi organisasi, termasuk sangat penting bagi Tarbiyatul Athfal sebagai Lembaga Pendidikan. Dalam upaya mencapai visi, maka lembaga menyelenggarakan program-program yang menunjang tercapainya visi. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan program-program yang diselenggarakan, maka dilaksanakan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses evaluasi program pengembangan islami sebagai program pencapaian visi di Tarbiyatul Athfal Umar Bin Khattab Kecamatan Mrebet, Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Adapun pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif yakni data hasil penelitian yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka tetapi ungkapan yang bersifat kualitatif yang didapat dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang mana peneliti langsung terjun di lokasi penelitian yaitu Tarbiyatul Athfal Umar Bin Khattab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program pengembangan islami di Tarbiyatul Athfal Umar bin Khattab merupakan suatu kegiatan pengumpulan data mengenai program pengembangan islami yang meliputi Program Pendidikan ketauhidan, Program Pendidikan adab, Program Pendidikan Fiqh, dan program tahfidz untuk mengetahui apakah program berjalan sesuai dengan rencana atau tidak serta untuk mengetahui apakah tujuan program tercapai atau tidak.. Adapun model evaluasi yang diterapkan yaitu model evaluasi formatif sumatif yang merupakan evaluasi yang dilaksanakan ketika program masih berjalan (disebut evaluasi formatif) dan ketika program sudah selesai atau berakhir(disebut evaluasi sumatif). Adapun tahap-tahapnya yaitu: 1) Need Assessment (Kebutuhan Penilaian), yang meliputi mempertimbangkan hal-hal sehubungan dengan keberadaan program, kebutuhan yang terpenuhi dengan adanya pelaksanaan program, dan tujuan jangka Panjang program. 2) Program planning (Perencanaan Program), meliputi penentuan model dan metode pengumpulan data. 3) Formatif Evaluation (Evaluasi Formatif), pada tahap ini madrasah memusatkan perhatian pada keterlaksanaan program dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana program dapat berlangsung serta untuk mengidentifikasi hambatan. 4) Summative Evaluation (Evaluasi Sumatif), dilaksanakan ketika program telah berakhir dengan tujuan untuk mengetahui ketercapaian tujuan program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program, Formatif, Sumatif
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 14 Feb 2020 01:59
Last Modified: 14 Feb 2020 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6937

Actions (login required)

View Item View Item