PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK MELALUI KEGIATAN OUTDOOR DI POS BACA AMAN PURBALINGGA

Dwi Nur Khasanah, 1522402180 (2020) PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK MELALUI KEGIATAN OUTDOOR DI POS BACA AMAN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
DWI NUR KHASANAH_PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK MELALUI KEGIATAN OUTDOOR DI POS BACA AMAN PURBALINGG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan outdoor merupakan salah satu kegiatan yang khas di Pos Baca Aman Purbalingga yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak bagi anak. Kegiatan ini dilaksanakan setiap minggu oleh para relawan pos baca yang berupa kegiatan jelajah alam sekitar, outbound, studi lapangan, dan studi proyek. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait proses pendidikan akhlak bagi anak melalui kegiatan outdoor yang diselenggarakan oleh para relawan Pos Baca Aman Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah para relawan pos baca, peserta kegiatan outdoor, dan ketua pengelola pos baca. Obyek penelitiannya adalah pendidikan akhlak bagi anak melalui kegiatan outdoor di Pos Baca Aman. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukan bahwa proses pendidikan akhlak meliputi 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, relawan melakukan perencanaan nilai-nilai yang ingin ditanamkan melalui musyawarah dengan memperhatikan feedback kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya. Untuk tahap pelaksanaan, kegiatan dalam proses pendidikan akhlak menggunakan kegiatan outdoor yang bervariasi. Metode yang digunakan dalam penanaman nilai meliputi metode tanya jawab, penugasan, bermain, pembiasaan, motivasi dan intimidasi. Sedangkan dalam tahap evaluasi, dilihat dari keberhasilan nilai-nilai yang ditanamkan oleh para relawan dengan melakukan tanya jawab kepada peserta, mengamati tingkah laku peserta selama kegiatan, dan melakukan testimoni dengan orang tua peserta terkait tingkah laku anak dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Kegiatan Outdoor, Pos Baca Aman Purbalingga.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.343 Majelis Ta'lim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 12 Feb 2020 03:49
Last Modified: 12 Feb 2020 03:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6922

Actions (login required)

View Item View Item