PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA DI MI MA’ARIF NU 1 LANGGONGSARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

SARINAH, NIM. 1123305118 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA DI MI MA’ARIF NU 1 LANGGONGSARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text
SARINAH_PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA DI MI MA’ARIF NU 1 LANGGONGSARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah strategi pembelajaran yang melibatkan siswa secara penuh dalam proses pembelajaran. Seorang guru harus memiliki kreativitas dalam pembelajaran di kelas, begitu juga saat pembelajaran IPS di kelas guru harus mempu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan sehingga siswa mempunyai pengalaman dalam belajar. Hal tersebut dapat terwujud yaitu dengan menerapkan strategi CTL pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa di MI Ma’arif NU 1 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan Quasi Experimental Designuntuk mencari pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MI Ma’arif NU 01 Langgongsari. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III yang berjumlah 53 siswa. Teknik pengambilan datanya menggunakan tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rumus regresi linear sedarhana dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan besarnya ( )( ) (14,584 4,38). Dengan demikian ditolak dan diterima, Hal ini berarti variabel pembelajaran Contextual Teaching and Learning berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa. Besarnya koefisien determinasinya ( ) yakni 0,434 atau 43,4 % yang bearti besarnya pengaruh dari pembelajaran Contextual Teaching and Learning sebesar 43,4% dan sisanya 56,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Persamaan regresi yang terbentuk yaitu Y = -6,424 + 0,807X, jadi prestasi belajar IPS siswa akan meningkat seiring dengan meningkatnya pembelajaran Contextual Teaching and Learning sebanyak 0,807 kali. Kata kunci : Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Prestasi belajar IPS siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:05
Last Modified: 09 Aug 2016 07:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/692

Actions (login required)

View Item View Item