KUALITAS INSTRUMEN TES MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP KELAS VI DI MI KECAMATAN BINANGUN KABUPATAN CILACAP TAHUN AJARAN 2018/2019

NAILATUN AZIZAH, 1423305115 (2020) KUALITAS INSTRUMEN TES MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP KELAS VI DI MI KECAMATAN BINANGUN KABUPATAN CILACAP TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kualitas Instrumen Tes Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Penilaian Akhir Semester Genap Kelas VI Di MI Kecamatan Binangun Kabupatan Cilacap Tahun Ajaran 2018/2019 yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan efektifitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Data yang diperoleh dilakukan uji kualitas dengan menggunakan program Anates versi 4 dan penghitungan manual menggunakan bantuan excel. Berdasarkan uji kualitas validitas isi terhadap instrumen tes mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI di MI Kecamatan Binangun, diperoleh bahwa validitas isi dikategorikan valid karena sudah sesuai dengan dokumen kurikulum yang digunakan baik intrumen yang mengimplementasikan kurikulum 2006 maupun kurikulum 2013 dengan presentase 100%. Berdasarkan reliabilitas terhadap instrumen tes mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI di MI Kecamatan Binangun tahun 2018/2019, dapat dikatakan instrumen tes yang digunakan di MI kecamatan Binangun, dapat dikatakan relibel karena hasil yang ditujukan lebih dari 0,70.Berdasarkan daya pembeda, dapat disimpulkan butir soal yang masuk dalam kriteria sangat baik 31%, kriteria cukup baik 29%, sedang 9% dan buruk 31% untuk instrumen tes yang menggunakan Kurikulum 2006/KTSP, sedangkan untuk instrumen tes yang menggunakan Kurikulum 2013 yang masuk dalam kriteria sangat baik 40%, kriteria cukup baik 27%, kriteria sedang 20% dan kriteria buruk 13%.Tingkat kesukaran dari uji kualitas instrumen tes diperoleh, untuk instrumen KTSP tingkat kesukaran kategori sukar 2%, kategori sedang 49% dan mudah 49%, sedangkan untuk instrumen tes yang menggunakan Kurikulum 2013 diperoleh tingkat kesukaran kategori sukar 13%, kategori sedang 27% dan kategori mudah 60%.Berdasarkan uji kualitas instrumen tes deperoleh data efektifitas pengecoh berikut ini; efektifitas pengecoh baik 34%, efektifitas pengecoh cukup 29%, efektifitas pengecoh kurang baik 37% dan efektifitas pengecoh jelek 6% untuk instrumen yang mengimplementasikan Kurikulum 2006/KTSP, sedangkan untuk instrumen tes yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 diperoleh data efektifitas pengecoh baik 13%, efektifitas pengecoh cukup 7%, efektifitas pengecoh kurang baik 73% dan efektifitas pengecoh jelek 7%. Kata kunci ; Kualitas, Tes, Bahasa Indonesia,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Tes, Bahasa Indonesia,
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 31 Jan 2020 06:59
Last Modified: 31 Jan 2020 06:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6886

Actions (login required)

View Item View Item