IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PROGRAM ASRAMA DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO

Rizka, Isnawati Fajrin (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PROGRAM ASRAMA DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
Rizka Isnawati Fajrin_Implementasi Pendidikan Karakter Religius Pada Program Asrama di MI Darul H.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah bahwa saat ini anak-anak sedang mengalami degredasi atau krisis moral. Hal itu disebabkan kurang adanya perhatian mengenai penanaman dan pembentukan nilai karakter yang baik kepada anak. Pembentukan dan pendidikan karakter tidak akan berhasil selama antara lingkungan pendidikan tidak ada kesinambungan dan keharmonisan. Dengan demikian, rumah tangga dan keluarga sebagai lingkungan pembentukan dan pendidikan karakter pertama dan utama harus lebih diberdayakan yang kemudian didukung oleh lingkungan dan kondisi pembelajaran di sekolah yang memperkuat proses pembentukan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter religius pada program asrama (boarding school) di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di asrama MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto. Subjek dalam penelitian ini adalah pendamping atau pengurus asrama, peserta didik kelas VI dan wali murid kelas VI. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis menggunakan teknik analisis model Miles Huberman yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter yang diimplementasikan dalam program asrama yaitu karakter religius. Religius adalah peghayatan dan implementasi dari ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari Pelaksanaan pendidikan karakter religius tertuang dalam berbagai macam kegiatan yaitu shalat berjama’ah, dzikir bersama, tadarus, tahajud,puasa sunnah, ngaji kitab dan ziaroh. Adapun metode yang digunakan dalam implementasi karakter religius adalah metode pembiasaan dan didukung dengan metode keteladanan. Kemudian hasil dari pengimplementasian nilai religius di sekolah, peserta didik dalam program asrama dapat mengimplementasikannya secara terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Religius, Asrama, MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 09 Aug 2016 06:10
Last Modified: 09 Aug 2016 06:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/688

Actions (login required)

View Item View Item