PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN LULUSAN DI SMA LB N CILACAP

ANISA NUR ISNAENI, 1522104007 (2020) PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN LULUSAN DI SMA LB N CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ANISA NUR ISNAENI_PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN LULUSAN DI SMA LB NEGERI CILACAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (769kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penyandang disabilitas, semakin kompleks menuntut adanya intervensi atau penanganan dari berbagai pihak seperti keluarga, instansi pendidikan, pekerja sosial, pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha karena berbagai pengaruh yang kemungkinan dapat terjadi. Sehubungan dengan hal tersebut, salah satu yang memiliki peran penting atau tanggung jawab dalam penanganan permasalahan penyandang disabilitas adalah instansi pendidikan atau dalam hal ini adalah sekolah. Oleh karena itu dalam menangani masalah disabilitas, sekolah memiliki prisip-prinsip dan peranan yang strategis melalui intervensi instansi pendidikan baik secara mikro, meso, maupun makro yang berkaitan dengan kebijakan sosial. Rehabilitasi sosial merupakan proses kegiatan pelayanan yang terkoordinir, bertujuan memulihkan dan mengembangkan kemauan dan kemampuan penyandang disabilitas tubuh, agar dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara optimal. Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkarenapenelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran guru dalam membangun kemandirian lulusan.Subyekdalampenelitian iniadalah Guru Pendidik.Motode analisisdata yangdigunakan adalah analisisdeskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasidan wawancara. Penelitianinimenemukanbahwaperan guru dalam meningkatkan kemandirian lulusan di SMA LB N Cilacap belum nampak menunjukan keberhasilan dalam membangun kemandirian lulusan. Dalam hal ini, meskipun kepala sekolah telah memberikan kebijakan yang sekiranya mampu membuat siswa lebih mandiri maupun pengajaran yang telah diberikan oleh guru pendidik tetap saja hasil dari tujuan yang ingin dicapai masih belum nampak pencapaian yang diharapkan. Hal itu nampaknya dikarenakan kurangnya sumber daya manusia yang ada dan kepala sekolah yang sering berganti sehingga kebijakan-kebijakan yang diberikan pun akan berbeda sehingga membuat pencapaian satu kebijakan belum terselesaikan sudah harus tergantikan dengan kebijakan yang baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Kemandirian,Guru, Siswadan Lulusan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:19
Last Modified: 28 Jan 2020 02:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6866

Actions (login required)

View Item View Item