MANAJEMEN PEMASARAN BERBASIS ETIKA BISNIS ISLAM DI RUMAH BATIK ANTO DJAMIL SOKARAJA BANYUMAS

BEKI ROHMAH, NIM. 102323084 (2016) MANAJEMEN PEMASARAN BERBASIS ETIKA BISNIS ISLAM DI RUMAH BATIK ANTO DJAMIL SOKARAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (903kB) | Preview
[img] Text
BEKI ROHMAH_MANAJEMEN PEMASARAN BERBASIS ETIKA BISNIS ISLAM DI RUMAH BATIK ANTO DJAMIL SOKARAJA BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bisnis merupakan serangkaian peristiwa yang melibatkan pelaku bisnis, terkait dengan komunikasi pemasaran dalam persaingan yang semakin kompetitif, maka perusahaan tidak bisa lepas dari etika bisnis. Ketika etika difahami sebagai seperangkat prinsip moral yang benar maka etika diperlukan dalam bisnis karena aplikasi etika bisnis identik dengan pengelolaan bisnis yang profesional. Dengan semakin tingginya kualitas yang diberikan oleh perusahaan, diharapkan mampu menarik respon positif pelanggan maka kemudian pelanggan akan memberikan penghargaan berupa loyalitas. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana manajemen pemasaran berbasis etika bisnis Islam dan juga mengetahui bagaimana analisis SWOT di Rumah Batik Anto DJamil Sokaraja Banyumas. Jenis pnelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan menggambarkan permasalahan yang ada sesuai dengan data yang ditemukan di lapangan (deskriptif). Dalam penelitian ini penulis menggambarkan manajemen pemasaran berbasis etika bisnis Islam di Rumah Batik Anto Djamil Sokaraja Banyumas. Subjek penelitian ini adalah Pemilik usaha Rumah Batik Anto DJamil Sokaraja, bidang pemasaran, pegawai dan juga pelanggan Rumah Batik Anto Djamil Sokaraja Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dkumentasi. Anallisis data yang digunakan adalah anallisis deskriptif, yaitu dengan cara mendeskripsikan informasi diperoleh yang disesuaikan dengan variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pemasaran di Rumah Batik Anto Djamil dalam perencanaan pemasaran terdapat nilai kesatuan dan keadilan; dalam implementasi pemasaran mencakup pengorganisasian terdapat nilai kebaikan, kesatuan, kejujuran dan juga kehendak bebas, dan dalam pengarahan terdapat nilai tanggung jawab; dan dalam pengendalian/evaluasi kegiatan pemasaran terdapat nilai nilai kebaikan dan juga keadilan yang terlihat dari penentuan produk, harga, pasar, serta promosi. Analisis SWOT yang dilakukan di Rumah Batik Anto Djamil ialah Strength/kekuatan yang dimiliki ialah adanya peluang dengan wilayah Sokaraja yang cukup strategis, dimilikinya SDM, Weakness/kelemahan yang dimiliki ialah lokasi outlet yang kurang strategis, Opportunity/Peluangnya adalah batik semakin disukari oleh masyarakat sedangkan Threat/ tantangannya adalah keinginan yang berbeda dan selalu berubah. Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, Etika Bisnis Islam, Keadilan, Kebaikan , Kehendak bebas, Tanggungjawab, kebenaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 09 Aug 2016 03:25
Last Modified: 09 Aug 2016 03:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item View Item