STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER PADA SISWA MELALUI PROGRAM EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI MI YA BAKII 01 KESUGIHAN CILACAP

Ngizatun Nahry Rohmah, 1522401029 (2019) STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER PADA SISWA MELALUI PROGRAM EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI MI YA BAKII 01 KESUGIHAN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
skripsi full izah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini berangkat dari berbagai perilaku amoral, baik yang dilakukan oleh penyelenggara Negara, Rakyat jelata, hingga oleh siswa. Kenyataan tersebut menujukkan kepada kita bahwa bangsa Indonesia saat ini sedang mengalami krisis karakter. Pemerintah pun berusaha membangun kembali karakter bangsa Indonesia. Program Ekstrakulikuler Pramuka merupakan salah satu bagian kegiatan yang bisa mendidik karakter bagi siswa, karakter juga tidak hanya diajarkan tapi harus dipraktikkan, sebagaimana pendidikan karakter itu harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya di sekoalah guru memberikan perintah kepada para siswa-siswanya untuk tidak membuang sampah sembarangan dan jika ada teman sekelas yang sedang sakit maka harus dijenguk itu semua tertera dalam Dasa Dharma ke 2 yang berbunyi cinta alam dan kasih sayang sesama manusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian dalam strategi pembinaan karakter pada siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka di MI Ya BAKII 01 Kesugihan Cilacap. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah, pembina pramuka dan peserta didik. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, yaitu merupakan salah satu jenis penelitian yang berusaha menggambarkan obyek secara sistematis sesuai dengan apa adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam strategi pembinaan karakter melalui kegiatan pramuka memiliki lima langkah yaitu pertama memetakan karakter yang hendak dicapai dalam keterampilan pendidikan karakter dalam pramuka, ketiga membuat rencana aksi kegiatan (RAK), keempat membuat rencana aksi kegiatan pramuka, yang kedua mengidentifikasi alat lunak pendidikan karakter dan lapangan (RAL) dan yang kelima mengimplementasikan RAK dan RAL yang telah disusun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Karakter, dan. Ekstarkulikuler, Pramuka.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Jan 2020 02:55
Last Modified: 21 Jan 2020 02:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6853

Actions (login required)

View Item View Item