MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MA’ARIF NU 1 SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

Faizal Abdurahman, 1522402140 (2019) MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MA’ARIF NU 1 SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
FAIZAL ABDURAHMAN_MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam proses belajar mengajar. Sesuatu apapun yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perhatian, perasaan, dan kemampuan atau keterampilan pembelajar tersebut sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar atau kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi dari SMA Ma’arif NU 1 Sokaraja yang telah menerapkan media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Ma’arif NU 1 Sokaraja Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Ma’arif NU 1 Sokaraja kelas XI. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru PAI Kelas XI, dan peserta didik kelas XI SMA Ma’arif NU 1 Sokaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang penulis peroleh dilakukan dengan Model Miles and Huberman yang meliputi data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verivication (penarik kesimpulan). Dari hasil penelitian tentang Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Ma’arif NU 1 Sokaraja Kabupaten Banyumas, diperoleh hasil bahwa guru PAI Kelas XI SMA Ma’arif NU 1 Sokaraja melakukan langkah-langkah yang dilakukan guru dalam penggunaan media pembelajaran PAI, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan jenis media yang digunakan guru berupa film, video dan slide PPT. Pelaksanaan penggunaan media pembelajaran yang dilakukan guru yaitu guru menampilkan kemudia guru menerangkan materi, selanjutnya guru melakukan tindak lanjut. Sedangkan evaluasi yang dilakukan guru berupa penilaian soal lisan dan soal tertulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 20 Dec 2019 06:16
Last Modified: 20 Dec 2019 06:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6821

Actions (login required)

View Item View Item