PEMBIASAAN MENGHAFAL JUZ ‘AMMA PADA SISWA KELAS I, II DAN III SD ISLAM TERPADU PERMATA HATI PETAMBAKAN KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA

Fadilatun Ikrimah, NIM : 1223301031 (2016) PEMBIASAAN MENGHAFAL JUZ ‘AMMA PADA SISWA KELAS I, II DAN III SD ISLAM TERPADU PERMATA HATI PETAMBAKAN KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text
FADILATUN IKRIMAH_PEMBIASAAN MENGHAFAL JUZ ‘AMMA PADA SISWA KELAS I, II DAN III SD ISLAM TERPADU .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan sekolah bertujuan untuk membantu meletakkan dasar-dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, ketrampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya. Melihat realita pada zaman sekarang ini virus televisi sudah menyerang anak-anak yang membuat mereka enggan untuk belajar, mengaji apalagi yang namanya menghafalkan al-Qur’an sebagai firman Allah, mereka lebih senang menonton film-film yang ada di televisi mereka karena hal itu lebih menarik. Untuk itu lah pendidik harus pandai mencari metode atau cara-cara pembelajaran yang bervariatif dan mengikuti serta faham akan psikologi anak. Sebagai pendidik harus kreatif dalam menerapkan metode pendidikan, menanamkan dan memberikan tempaan dalam memberikan pelajaran. Fokus dari penelitian ini adalah bagaimana pembiasaan menghafal Juz ‘Amma di SD Islam Terpadu Permata Hati Petambakan Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembiasaan menghafal Juz ‘Amma di SD Islam Terpadu Permata Hati Petambakan Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verivikasi data. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah ustadzah, kepala sekolah, dan peserta didik untuk mendapatkan data dalam penelitian ini. Objek penelitian ini adalah pembiasaan menghafal Juz ‘Amma yang dilakukan ustadzah dan peserta didik SD Islam Terpadu Permata Hati Petambakan Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan, bahwa pembiasaan menghafal Juz ‘Amma di SD Islam Terpadu Permata Hati meliputi muraja’ah yakni mengulang-ulang, muraja’ah dilakukan pada pagi hari pada pukul 07.00 sampai 08.00, untuk kelas I, II, dan III dilakukan di dalam kelas masing-masing, kelas diawasi oleh ustadzah/ ustadz dan hafalan sesuai jadwal yang ada di kelas masing-masing. Muraja’ah juga dilakukan pada waktu shalat dhuha dan dhuhur. Talaqqi yaitu setoran ayat kepada Ustadz dan Ustadzah, Dan dilakukan di dalam kelas ketika jam pelajaran Qira’ati. Sima’i yaitu Ustadz atau Ustadzah membacakan ayat kemudian siswa mendengarkan setelah selesai siswa mengulang ayat yang telah didengarnya.Metode Sima’i ini digunakan pada kelas I, dan dilakukan pada pelajaran Qira’ati. Akan tetapi di SD Islam Terpadu Permata Hati Petambakan ini lebih mengutamakan Murajaah. Adapun faktor pendukung meliputi faktor usia siswa, tujuan dan minat, faktor lingkungan. Dan untuk faktor penghambat yaitu tingkat kemalasan siswa, pengelolaan waktu yang kurang efektif, kecenderungan siswa yang lebih senang bermain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan, Menghafal Juz ‘Amma, SD ISlam Terpadu, Petambakan
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:02
Last Modified: 08 Aug 2016 03:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item View Item