NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

TUTI FATIHATUSSA’ADAH, 1522402207 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
TUTI FATIHATUSSAADAH_NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN AL-IKHSAN BEJI KEDU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam non formal yang mempunyai kelebihan intens 24 jamnya sehingga memiliki banyak waktu untuk menyisipkan aneka pendidikan. Pendidikan agama merupakan sendi pokok pengetahuan dalam membentuk kepribadian seseorang agar peserta didik dapat bertingkah laku sesuai dengan norma yang ada. Salah satu faktor kegagalan pendidikan agama adalah kurangnya penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural dalam kehidupan sehari-hari. Karena masih banyak konflik yang terjadi di organisasi masyarakat maupun sekolah umum seperti tawuran pelajar. Sehingga peneliti memilih pondok pesantren yang dalam peranannya selama ini dapat mengembangkan budaya damai dengan lingkungan pesantren yang memiliki latar belakang santri yang berbeda-beda. Nilai-nilai pendidikan multikultural dapat dilihat dari berbagai macam kegiatan yang ada di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji. Dimana santri yang berasal dari berbagai macam daerah mereka dipersatukan dalam lingkungan pondok pesantren dan tinggal dalam tempat yang sama. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan multikultural di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dengan lokasi di Pondok Pesantren Al-Ikhsan Beji. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain: (a) Metode observasi, metode ini digunakan untuk memperoleh data terkait nilai-nilai pendidikan multikultural di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji. (b) Metode wawancara, dengan menggunakan wawancara tidak terstruktur dimana peneliti bebas tidak menggunakan pedoman wawancara yang telah tersusun. (c) Metode dokumentasi, metode ini digunakan untuk memperoleh data terkait nilai-nilai pendidikan multikultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan multikultural di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji dapat dilihat melalui kegiatan-kegiatan keseharian santri. Nilai-nilai tersebut adalah 1) nilai demokrasi, 2) nilai kesetaraan, 3) nilai keadilan, 4) nilai kemanusiaan, 5) nilai kebersamaan, 6) nilai kedamaian, dan 7) nilai toleransi. Bentuk dari nilai-nilai pendidikan multikultural dapat dibuktikan dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti sunday cooking, forum debat/diskusi, pensi bahasa arab dan inggris, ekstrakurikuler, nonton bareng dan lain-lain. Nilai-nilai pendidikan multikultural yang ada di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji tersebut mempunyai relevansi dengan pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, Nilai-Nilai, Pendidikan Multikultural.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 18 Dec 2019 03:21
Last Modified: 18 Dec 2019 03:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6803

Actions (login required)

View Item View Item