PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI PADA MATERI NUNSUKUN DAN TANWIN DENGAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DIKELAS VIIB SMP NEGERI 3 BUKATEJA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

WAHYU NUGROHO, 1522402252 (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI PADA MATERI NUNSUKUN DAN TANWIN DENGAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DIKELAS VIIB SMP NEGERI 3 BUKATEJA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text
WAHYU NUGROHO_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI PADA MATERI NUN SUKUN DAN TANWIN DENGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian tindakan kelas ini ditemukannya data dari ulang harian bersama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dari enam rombongan belajar di SMP Negeri 3 Bukateja kelas yaitu kelas VII A sampai kelas VII F, kelas VIIB terbilang rendah dibandingkan dengan kelas lainnya. Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Bukateja dari 34 siswa hanya 20 siswa atau 58, 82% yang tuntas KKM. Masih ada 14siswa atau 41,18% yang masih dibawah KKM nilai tertinggi 98 dan nilai terendah 46, rata-rata kelas hanya 67,59. Sebagai pengampu pada mata pelajaran PAI tersebut penulis ingin memperbaiki hasil belajar siswa dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif di mana penulis sebagai pelaksana dan rekan sejawat/kolabor sebagai pengamat. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswamenggunakan metode Index Card Match pada materi Nun Sukun dan Tanwin di kelas VIIB SMP Negeri 3 Bukateja Purbalingga. Hasilpenelitian ini yaitu; Terjadi peningkatan hasil belajar PAI pada materi Nun Sukun dan Tanwin, di kelas VII B SMP Negeri 3 Bukateja menggunakan metode Index card Match, analisis data menunjukkan antara nilai pada studi awal atau pra siklus, sebelum tindakan perbaikan dengan hasil nilai yang diperoleh pada siklus I dan siklus II hasilnya selalu meningkat.Pada saat pra siklus dari 34 siswa hanya 20 siswa yang tuntas KKM atau sebanyak (55.56%). Sisanya 16 siswa masih berada dibawah KKM atau (44.44%) dengan nilai rata-rata kelas 71.39. Pada siklus I ketuntasan siswa naik menjadi 24 siswa mendapatkan nilai baik yaitu berada diatas KKM (66.67%), sebanyak 12 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM (33.33%). Dengan nilai rata-rata kelas 77.17. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa naik dari 34 siswa sebanyak 32 siswa mendapat nilai baik atau diatas KKM (88.89%), dan hanya 2 siswa yang berada dibawah KKM (11.11%) dengan nilai rata- rata kelas 83.06

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, PAI, Metode Index Card Match
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 18 Dec 2019 02:23
Last Modified: 18 Dec 2019 02:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6800

Actions (login required)

View Item View Item