IMPLEMENTASI STRATEGIMAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN PAIKELAS IIISD NEGERI 1 KUTAWIS, BUKATEJA, PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

EKO MINTORO, 1522402223 (2019) IMPLEMENTASI STRATEGIMAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN PAIKELAS IIISD NEGERI 1 KUTAWIS, BUKATEJA, PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
EKO MINTORO_IMPLEMENTASI STRATEGI MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS III SD NEGERI 1 KUTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas III SD Negeri 1 Kutawis Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga, sebelum diadakan penelitian tindakan kelas dari 27 siswa baru 9 siswa saja yang telah tuntas dan mendapatkan nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu ≥ 70. Dan 18 siswa belum tuntas atau mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. Penulis sebagai pengampu pada mata pelajaran PAI tersebut ingin memperbaiki hasil belajar siswa dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan strategi pembelajaran Kooperatif TipeMake A Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif di mana penulis sebagai pelaksana dan rekan sejawat/kolabor sebagai pengamat. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswamenggunakan strategi pembelajaran Kooperatif TipeMake A Match. Hasilpenelitian ini yaitu; penggunaanstrategi pembelajaran kooperatif tipemake a matchdaritemuandanrefleksi,selama siklusIdansiklusIItelahberimplikasibaikterhadaphasilbelajarsiswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dengan naiknya hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Kutawis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada saat pra siklus dari 27 siswa hanya 9 siswa yang tuntas KKM atau 33.33% pada siklus I naik menjadi 20 siswa yang tuntas KKM atau sebanyak 74.07% dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 25 siswa atau 92.59%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasilbelajar, PAI, MetodeMake A Match
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 18 Dec 2019 02:10
Last Modified: 18 Dec 2019 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6799

Actions (login required)

View Item View Item