NILAI-NILAI EDUKAIF MENURUT FARID ESACK DALAM BUKU AL-QUR’AN. LIBERALISME, PLURALISME, MEMBEBASKAN YANG TERTINDAS

Fajar Afwan, 1522402141 (2019) NILAI-NILAI EDUKAIF MENURUT FARID ESACK DALAM BUKU AL-QUR’AN. LIBERALISME, PLURALISME, MEMBEBASKAN YANG TERTINDAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SKRIPSI FULL FAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang nilai-nilai edukatif apa saja yang dapat dipetik dari Farid Esack yang terdapat dalam buku “Al-Qur’an, Liberalisme, Pluralisme, Membebaskan yang Tertindas”. Farid Esack dikenal sebagai tokoh humanis Afrika Selatan yang gagasan dan pergerakannya memberikan sumbangsih dan perubahan besar bagi Afrika Selatan dalam hal memperjuangkan kemanusiaan. dari gagasan dan pergerakannya tersebut penulis mencoba untuk mencari nilai-nilai edukatif lewat karyanya yaitu buku yang berjudul “Al-Qur’an, Liberalisme, Pluralisme, Membebaskan yang Tertindas”. Penelitian ini difokuskan pada apa saja nilai-nilai edukatif yang terdapat pada buku “Al-Qur’an, Liberalisme, Pluralisme, Membebaskan yang Tertindas karya Farid Esack”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library ressearch). Data-data diperoleh dari tulisan-tulisan yang berbicara tentang pendidikan kritis dan profetik dari buku tersebut. selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan pendekatan content analysis. Nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam buku “Al-Qur’an, Liberalisme, Pluralisme, Membebaskan yang Tertindas karya Farid Esack” antara lain: Pertama,Pendidikan Kritis yaitu menciptakan ruang agar sikap kritis terhadap sistem dan struktur ketidak adilan tersebut menjadi lebih dinamis serta mampu mengadakan dekonstruksi dan advokasi menuju sistem yang lebih adil. Kedua, Pendidikan Profetik terdapat tiga pilar, Transendensi: yaitu mengaitkan perilaku, tindakan, dan kejadian dengan ajaran kitab suci(Al-Qur’an). Liberasi: yaitu memihak rakyat kecil, menegakkan keadilan dan menghilangkan penindasan. Humanisasme: yaitu menjaga persaudaraan sesama meski berbeda agama, keyakinan, status sosial-ekonomidantradisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kritis, pendidikan profetik, dan buku Al-Qur’an, Liberalisme, Pluralisme, Membebaskan yang Tertindas.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 17 Dec 2019 07:30
Last Modified: 17 Dec 2019 07:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6792

Actions (login required)

View Item View Item