KONSEP PENDIDIKAN MASYARAKAT ISLAM DALAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID

Irkham, Bangkit Abdillah (2019) KONSEP PENDIDIKAN MASYARAKAT ISLAM DALAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
IRKHAM BANGKIT ABDILLAH_KONSEP PENDIDIKAN MASYARAKAT ISLAM D.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah ujung tombak dari terciptanya kemajuaan sebuah peradaban masyarakat. Saat pendidikan mempunyai sistem yang baik serta juga di jalankan oleh pelaku yang kompeten maka niscaya pendidikan akan dapat menciptakan generasi yang kuat dan berdaya saing dengan dunia luar. Masayarakat madani atau civil society bukan hanya sebuah ungkapan harapan belaka yang dilontarkan oleh banyak pemikir Islam. Masyarakat madani sebagai representasi masyarakat Islam mengacu atau bercermin pada kondisi lingkungan masyarakat yang di ciptakan oleh Nabi Muhammad SAW saat berpindah dari kota Mekkah ke kota Yastrib yang di ubah menjadi nama Madinah. Contoh yang diberikan nabi Muhammad yaitu masyarakat madani yang memiliki ciri kesederajatan, keterbukaan, toleransi, musyawarah, dan sikap menghargai prestasi. Indonesia dan negara masyoritas muslim lainnya menuju ke arah seperti itu, ke arah terbentuknya masyarakat yang ideal. Di antara beberapa tokoh di Indonesia, Nurcholish madjid adalah salah satu pembaharu yang berani menyuarakan ide, konsep, dan pemikiran yang dinilai kontroversial di masanya. Memang begitulah nasib dari adanya arus pembaharuan akan selalu di anggap aneh dan diasingkan, salah satu pembuktiaan dari apa yang disampaikan adalah waktu yang akan membuktikan. Nurcholish madjid adalah salah satu tokoh yang memiliki kapasitas sebagai “seorang panutan” baik dalam dunia pendidikan maupun politik dan sebagainya. Nurcholish madjid memiliki latar belakang sosial dan pendidikan yang menjanjikan yaitu dengan mengawalinya melalui pendidikan madrasah yang di dirikan ayahnya dan juga pendidikan “SR” sekolah rakyat pada masa itu. Di dukung dengan kedekatannya dengan dunia pesantren lalu di ikuti dengan mengenyam pendidikan di tingkat perguruan tinggi dan juga melebarkan sayapnya sampai ke luar negeri. Penelitian ini dikerjakan secara pustaka (Library Reaserch) sehingga buku dan artikel merupakan bahan utama dalam penelitian ini. Selanjutnya di analisis dengan menggunakan pendekatan analisis isi (Content Analysis). Hasil dari penilitian yang ditemukan adalah gagasan Nurcholish madjid dimana pendidikan agama harus mengambil peran penting dalam terwujudnya masyarakat madani atau Islam. Dengan adanya pembenahan terhadap sistem dan pengelolaan pendidikan serta penguatan sumber daya pendidik. Pendidikan agama haruslah memiliki kurikulum atau tujuan yang menyiapkan peserta didik untuk dapat menjadi generasi yang kuat dan berdaya saing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan masyarakat, Nurkholis majid, Pendidikan Masyarakat Islam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 13 Dec 2019 00:20
Last Modified: 13 Dec 2019 00:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6785

Actions (login required)

View Item View Item