PEMBELAJARAN KE-NU-AN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH AN-NAHDLIYAH DI MA MA’ARIF NU 1 SIRAU KEMRANJEN BANYUMAS

Rohman, Ahlis Aulia (2019) PEMBELAJARAN KE-NU-AN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH AN-NAHDLIYAH DI MA MA’ARIF NU 1 SIRAU KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
BAB I & BAB V.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Dalam kehidupan beragama banyak terjadi problematika seputar perbedaan. Khususnya dalam Islam, perbedaan tersebut berupa perbedaan pelaksanaan amaliah dan perbedaan dalam sistem kebudayaan. Di dunia pendidikan ditawarkan solusi untuk mengatasi permasalahan diatas, solusi yang ditawarkan adalah sebuah pembelajaran agama Islam yang mengajarkan mengenai Islam damai, Islam toleran, Islam yang berpikir secara moderat dan Islam yang sesuai dengan ajaran Nabi SAW (ahlussunnah wal jama’ah). Lembaga Pendidikan Ma’arif NU menawarkan sebuah pembelajaran yang memuat ajaran-ajaran diatas dalam sebuah pembelajaran yaitu ke-NU-an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran ke-NU-an dalam menanamkan nilai-nilai Islam ahlussunnah wal jama’ah an-Nahdliyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah MA Ma’arif NU 1 Sirau kemranjen Banyumas. Dengan subjek penelitian meliputi, Kepala Madrasah, Guru Pengampu Mata Pelajaran Ke-NU-an dan Peserta Didik. Hasil penelitian penelitian tentang pembelajaran ke-NU-an dalam menanamkan nilai-nilai Islam ahlussunnah wal jama’ah an-Nahdliyah yaitu : 1) Pelaksanaan pembelajaran ke-NU-an di MA Ma’arif NU 1 Sirau, dilakukan dalam kurikulum 2013. Silabus dan RPP yang dibuat oleh guru pengampu mata pelajaran ke-NU-an menekankan nilai-nilai Islam ahlussunnah wal jama’ah dalam pembelajarannya. 2) Pembelajaran ke-NU-an terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai Islam ahlussunnah wal jama’ah an-Nahdliyah dengan bukti peserta didik mengamalkan amaliah-amaliah ahlussunnah wal jama’ah dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik mengamalkan prinsip-prinsip ahlussunah wal jama’ah dan peserta didik mampu lulus dalam ujian akhir berupa praktek amaliah ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyah (tahlilan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran ke-Nu-an dan Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah.
Subjects: 2x8 Aliran dan Sekte > 2x8.1 Ahlussunnah Wal jamaah
300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 09 Dec 2019 07:50
Last Modified: 09 Dec 2019 07:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6760

Actions (login required)

View Item View Item