PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA CARA BERWUDHU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS II SD NEGERI 2 PURBAYASA KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

Puspitasari, Nofika (2019) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA CARA BERWUDHU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS II SD NEGERI 2 PURBAYASA KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NOFIKA PUSPITASARI__Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SiswaPada Mater.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Metode demonstrasi merupakan salah satu metode yang cocok untuk digunakan dalam proses pembelajaran agar peserta didik lebih tertarik dan antusis dalam melaksanakan proses pembelajaran. Metode demonstrasi juga dapat memberikan kesan secara mendalam kepada peserta didik saat proses penerimaan pembelajaran berlangsung, sehingga membentuk pengertian yang baik dan sempurna. Rumusan masalah ini adalah “Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata cara berwudu di SD Negeri 2 Purbayasa?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanpenerapan medtode demonstrasi pada pelajaran pendidikan agama islam materi wudu kelas II di SD Negeri 2 Purbayasa Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru kelas II, teman sejawat sebagai observer, siswa kelas II dan kepala sekolah SD N 2 Purbayasa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini antara lain dengan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analissi deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunnjukan bahwa dengan metode demostrasi dapat meningktakan hasil belajar pendidikan agama islam materi wudhu kelas II di SD Negeri 2 Purbayasa Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga melalui 3 tahap yaitu tahap pra siklus, tahap siklus I dan tahap siklus II. Dari 3 tahap tersebut guru berhasil meningkatkan hasil belajar tata cara berwudu dengan menerapkan metode demonstrasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Demontrasi, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fiqih Bab Wudhu
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 06 Dec 2019 09:00
Last Modified: 06 Dec 2019 09:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6740

Actions (login required)

View Item View Item