PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 3 BANYUMAS

RATNA DEWI, 152405110 (2019) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 3 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text
RATNA DEWI_PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV di MIN 3 Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV di MIN 3 Banyumas.Penelitian ini merupakan penelitian Ex-postfacto di mana peneliti tidak memberikan perlakuan terhadap variabel yang diteliti. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV yang terdiri dari tiga kelas yakni IVA, IVB dan IVC. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 95 peserta didik kelas IV di MIN 3 Banyumas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket (kuesioner). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat analisis yang terdiri atas uji normalitas data, uji heterokedatisitas, dan uji linearitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linear berganda, dan koefisien diterminasi. Untuk pengaruh X1 (reward) terhadap Y (motivasi belajar) adalah sebesar 0,631 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh pemberian rewardterhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV di MIN 3 Banyumas. Untuk pengaruh X2 (punishment) terhadap Y (motivasi belajar) adalah sebesar sebesar 0,663 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh pemberian punishmentterhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV di MIN 3 Banyumas. Untuk pengaruh X1 dan X2 (pemberian reward dan punishment) terhadap Y (motivasi belajar) adalah sebesar 0,821 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh X1 (pemberian reward) dan X2 (pemberian punishment) terhadap Y (motivasi belajar) peserta didik kelas IV di MIN 3 Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reward, Punishment, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Dec 2019 01:50
Last Modified: 06 Dec 2019 01:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6727

Actions (login required)

View Item View Item