KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 10 GEMBONG BOJONGSARI PURBALINGGA

Mei Triana Putri, 102331098 (2019) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 10 GEMBONG BOJONGSARI PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
MEI TRIANA PUTRI _KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MADRASAH TSANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)

Abstract

Kompetensi Pedagogik Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah 10 Gembong dalam skripsi ini adalah kajian tentang kemampuan guru rumpun Pendidikan Agama Islam dalam mengelola pembelajaran peserta didik.. Fokus dalam penelitian ini adalah : “Bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 10 Gembong Bojongsari Purbalingga?” Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulkan data: (1) Metode Wawancara, digunakan untuk memperoleh data secara detail tentang hal-hal yang berhubungan dengan kompetensi pedagogik guru rumpun Pendidikan Agama Islam kepada pihak-pihak terkait yaitu kepala madrasah, guru rumpun PAI, dan sampel peserta didik,(2) Metode Observasi, untuk mengamati secara langsung proses pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru rumpun Pendidikan Agama,3) Metode Dokumentasi, untuk memperoleh data mengenai sejarah berdirinya madrasah, visi dan misi madrasah, letak geografis, struktur organisasi, sarana dan prasarana, keadaan guru, siswa, dan karyawan, serta dokumen lain yang memiliki relevansi dengan penelitian. Analisis data adalah analisis kualitatif dengan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Kompetensi pedagogik guru rumpun PAI di MTs Muhammadiyah 10 Gembong Bojongsari Purbalingga umumnya sudah baik, karena sudah mencakup aspek penilaian kemampuan paedagogik menurut ahli. Dari empat guru rumpun PAI di MTs Muhammadiyah 10 Gembong Bojongsari Purbalingga, sudah memiliki kemampuan paedagogik yang baik. Mereka mampu menangani masalah yang terkait dengan peserta didik, proses pembelajaran, pengembangan kurikulum, dan juga penilaian hasil belajar .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru PAI, dan Madrasah Tsanawiyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Dec 2019 01:45
Last Modified: 06 Dec 2019 01:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6726

Actions (login required)

View Item View Item