PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURUAGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SD AL-IRSYAD 01 CILACAP

KACYNTHIA, ALLTADILA (2019) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURUAGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SD AL-IRSYAD 01 CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
KACYNTHIA ALLTADILA_PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU AGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, dan berwibawa, menjadi teladan peserta didik dan berakhlak mulia.Sedangkan akhlak adalah suatu kondisi atau sifat yang ada dalam jiwa dan telah menjadi kepribadian hingga dari situlah timbul berbagai perbuatan yang dilakukan dengan mudah dan tanpa pemikiran. Fenomena yang terjadi pada sekarang ini adalah terjadinya krisis akhlak pada umat Islam. Kenyataan manusia Indonesia khususnya anak-anak dan remaja saat ini rentan melakukan hal-hal negatif, perilaku yang dilakukan oleh pelajar tersebut selain merugikan dirisendiri dan orang tua, juga merugikan dan ikut mencemarkan lembaga pendidikan yang pada dasarnya ikut membentuk karakter dan kualitas akhlak peserta didik. Nipa Abdul Halim mengemukakan bahwa faktor yang mempengaruhi akhlak yaitu: faktor kepribadian, faktor keluarga, pendidikan formal, pendidikan non formal atau lingkungan masyarakat. Salah satu dari faktor yang mempengaruhi akhlak adalah kepribadian. Oleh karena itu, kompetensi yang penting dan harus dimiliki pendidikan dalam membina akhlak peserta didik adalah kompetensi kepribadian. Berdasarkan penelitian pendahuluan penulis menemukan gejala yang bekaitan dengan kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak siswa. Gejala tersebut adalah masih ada siswa yang berkata kotor, berbohong, berkelahi, suka memalak, tidak sopan terhadap guru, mencuri, mengolok-ngolok temannya dan membolos. Oleh karena itu penulis mengangkat permasalahan tersebut ke dalam sebuah penelitian yang berjudul: Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa di SD Al-Irsyad 01 Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, sedangkan teknik analisis data adalah dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak siswa di SD Al-Irsyad 01 Cilacap. Adapun besarnya pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak siswa adalah sebesar 0,214 yang berarti bahwa kompetensi kepribadian guru berpengaruh terhadap akhlak siswa sebesar 21,4 %, sedangkan sisanya 78,6 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar yang diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Kepribadian Guru Agama Islam, Akhlak Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 06 Dec 2019 00:33
Last Modified: 06 Dec 2019 00:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6723

Actions (login required)

View Item View Item