KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAṢĀYĀ AL-ĀBĀ’ LI AL-ABNĀ’ KARYA MUHAMMAD SYĀKIR AL-ISKANDARI

Abdul Basit, 1522402043 (2019) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAṢĀYĀ AL-ĀBĀ’ LI AL-ABNĀ’ KARYA MUHAMMAD SYĀKIR AL-ISKANDARI. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER BAB I BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text
KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAṢĀYĀ AL-ĀBĀ’ LI AL-AB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)

Abstract

Konsep pendidikan akhlakadalah penanaman nilai-nilai dan pengetahuan secara bertahap kemudian dengan pengetahuan-pengetahuan tersebut manusia diarahkan untuk mengembangkan kehidupan yang lebih baik dengan cara memperbaiki akhlak baik terhadap Allah SWT maupun kepada sesama makhluk ciptaan Allah SWT sebagaimana yang tertuang dalam kitab Waṣāyā Al-Ābā’ Li Al-Abnā’karya Muhammad SyākirAl-Iskandari. Kitab Waṣāyā Al-Ābā’ Li Al-Abnā’ adalah kitab yang berisi tentang pelajaran akhlak bagi pesertadidik. Makna dari nama kitab ini adalah "wasiatorang tua kepada anaknya". Kitab ini ditulis oleh seorang ulama yang bernama Muhammad Syākir Al-Iskandari, beliau sendiri adalah seorang ulama besar, lahir di Jurja, Mesir pada pertengahan Syawal tahun 1282 H bertepatan pada tahun 1863 M. dan wafat pada tahun 1939 M. Fokus penelitian yang akan dikaji adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam kitab Waṣāyā Al-Ābā’ Li Al-Abnā’karya Muhammad SyākirAl-Iskandari. Penelitianinimerupakanpenelitiankepustakaan (library research), sedangkandalampengumpulandatanyamenggunakanmetodedokumentasi(documentation research methode) danteknikanalisis data yangdigunakandalamskripsiiniadalahanalisisisi (content analisys). Hasildaripenelitianini,dapat disimpulkanbahwakonseppendidikanakhlakdalam kitab Waṣāyā Al-Ābā’ Li Al-Abnā’karya Muhammad SyākirAl-Iskandari terbagimenjadibeberapamateriyaitumateriakhlakmahmudahdanmadzmumahyang terdiri dari lingkupakhlakkepadaAllah SWT, akhlakkepadaRasulullah SAW, akhlakkepadasesamamanusia, akhlakkepadalingkunganmasyarakatdanakhlakkepadadirisendiri.Dalam proses pembentukkanyadapatdisampaikanmelaluibeberapametodeyaitumetodenasihat, pembiasaan, keteladanan, diskusi,kabargembira(targhib)danancaman (tarhib).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Akhlak, Waṣāyā Al-Ābā’ Li Al-Abnā’
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Dec 2019 02:12
Last Modified: 05 Dec 2019 02:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6713

Actions (login required)

View Item View Item