PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM JEMBATAN PENSIL KARYA HASTO BROTO

Dwy Putri, Nanda Nurma (2019) PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM JEMBATAN PENSIL KARYA HASTO BROTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NANDA NURMA DWY PUTRI_PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM JEMBATAN .pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Film memiliki manfaat bagi pendidikan, sebab film dapat menerangkan suatu proses, kejadian, peristiwa masa lalu atau sejarah. Film dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang terkandung didalamnya. Salah satunya pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak dapat membentuk pribadi keinsanan seseorang serta memupuk kehalusan adab dan budi pekerti individu. Fokus masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa sajakah bentuk-bentuk akhlak yang dikembangkan dalam film Jembatan Pensil karya Hasto Broto. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diinterprestasikan secara deskriptif analisis yaitu dengan menggambarkan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam film Jembatan pensil karya Hasto Broto. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu metode dokumentasi dan wawancara tokoh penulis. Kemudian data yang dianalisis oleh peneliti menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu video film Jembatan Pensil, dan sumber data sekunder yaitu berupa buku-buku, internet, majalah dan literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengenai pendidikan akhlak dalam film Jembatan Pensil karya Hasto Broto, maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan akhlak yang ditemukan meliputi Pertama Akhlak kepada Allah seperti bersikap tawakal, syukur dan ikhlas. Kedua Akhlak terhadap Rasulullah seperti mengucap salam ketika akan memasuki rumah. Ketiga Akhlak terhadap diri sendiri seperti tawadhu, selalu sabar dalam menghadapi masalah yang ada didalam kehidupan ini dan tetap semangat untuk menggapai mimpi-mimpi yang sudah direncanakan. Keempat Akhlak terhadap sesama, sudah seharusnya manusia sebagai makhluk sosial yang mana saling membutuhkan satu sama lain dianjurkan untuk saling tolong-menolong, sudah seharusnya sebagai anak berbakti dan menghormati kedua orang tua, juga sebagai orang tua menyanyangi anak yang merupakan anugrah dari Allah SWT. Kelima, Akhlak terhadap alam sekitarnya seperti memanfaatkan alam sebagai mata pencaharian dan menjaganya, mempelajari apa yang ada di alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Film Jembatan Pensil
Subjects: 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 05 Dec 2019 01:54
Last Modified: 05 Dec 2019 01:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6712

Actions (login required)

View Item View Item