PENERAPAN METODE INQUIRI DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI MA’ARIF NU KEDUNGWRINGIN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Munjiyah, Munjiyah (2015) PENERAPAN METODE INQUIRI DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI MA’ARIF NU KEDUNGWRINGIN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (25kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (131MB) | Preview
[img] Text
MUNJIYAH_082338048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131MB)

Abstract

Dalam upaya untuk merealisasikan pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak, guru dituntut untuk menguasai pengetahuan yang memadai dan teknik-teknik mengajar yang baik agar ia mampu menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan efisien atau dapat mencapai hasil yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan salah satunya yakni dengan memilih metode pembelajaran. Pada waktu pembelajaran berlangsung, guru cenderung monoton menerangkan di depan kelas sedang siswa hanya mendengarkan informasi dari guru, sehingga proses belajar mengajar tidak kondusif dan motivasi belajar siswa menjadi berkurang. Salah satu solusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa agar siswa dapat termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar yakni dengan menerapkan metode pembelajaran inquiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode inquiri dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MI Ma’arif NU Kedungwringin Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas tiga alur kegiatan secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inquiri dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Ma’arif NU Kedungwringin dilakukan sesuai dengan prosedur pembelajaran inquiri yaitu memulai pelajaran dengan mengadakan pengamatan selanjutnya mengemukakan pertanyaan baik dari guru atau siswa kemudian siswa disuruh mencari tahu sendiri jawaban tersebut untuk dikumpulkan datanya kemudian menganalisisnya, langkah terakhir yakni membuat kesimpulan setelah itu mempresentasikan jawabannya di depan kelas, baik secara tertulis maupun lisan. Penerapan metode inquiri dalam pembelajaran akidah akhlak berdampak positif terhadap motivasi belajar siswa. Indikator peningkatan motivasi ditandai dengan meningkatnya semangat belajar siswa yang tinggi, antusias dan keaktifan siswa dalam pembelajaran, berusaha keras untuk mencari tahu dan menemukan tugas yang diberikan oleh guru, serta rasa ingin tahu siswa yang tinggi sehingga mendorong siswa untuk selalu mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Kata Kunci: Metode Inquiri, Pembelajaran, Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? ISLAM ??
?? pd_ag ??
Divisions: ?? tar_ai ??
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 18 May 2016 06:31
Last Modified: 18 May 2016 06:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item