PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs MA’ARIF NU 1 KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

Sofia Maria Ulfah, 1522402079 (2019) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs MA’ARIF NU 1 KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text
SOFIA MARIA ULFAH_PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penerapan pendekatan saintifik menjadi tantangan guru melalui pengembangan aktivitas siswa dalam pembelajaran, termasuk juga pada pembelajaran Fiqih. Penguatan proses pembelajaran Fiqih melalui pendekatan saintifik, dengan pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu mengamati, mengklasifikasi, mengomunikasikan, memperkirakan, dan menyimpulkan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Fiqih melalui pendekatan saintifik di MTs Ma’arif NU 1 Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadai pada saat sekarang. Adapun pendekataan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subyeknya adalah Guru Fiqih dan siswa Kelas VIII. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data yang kemudian direduksi data, penyajian data, diakhiri dengan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa: Pertama, Perencanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Fiqih di MTs Ma’arif NU 1 Kembaran yang telah diwujudkan dalam pembuatan rencana pembelajaran dengan komponen pendekatan saintifik, terbukti dalam kegiatan inti pembelajaran adanya rencana kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan secara umum dalam kategori baik. Kedua, Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Fiqih di Kelas VIII di MTs Ma’arif NU 1 Kembaran dilakukan dengan lima tahapan yaitu: mengamati, menanya, mengeksplorasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Meski demikian, guru mata pelajaran Fiqih masih mengalami kesulitan dalam mengkondisikan siswa sebelum dan pada saat pembelajaran berlangsung. Ketiga, Evaluasi pembelajaran Fiqih melalui pendekatan saintifik di MTs Ma’arif NU 1 Kembaran adalah dengan teknik penilaian sesuai dengan ranah yang dievaluasi. Pada ranah sikap, menggunakan teknik observasi, penilaian diri, teman sebaya, dan penilaian jurnal. Pada ranah kognitif menggunakan teknik tes tertulis, observasi, dan penugasan. Sedangkan pada ranah keterampilan siswa menggunakan teknik unjuk kerja, proyek, portofolio dan tertulis. Guru dapat memberikan siswa pengalaman konkret berkaitan dengan materi yang telah dipelajari sebagai tindak lanjut pembelajaran fiqih menggunakan pendekatan saintifik. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Fiqih, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Fiqih, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 04 Dec 2019 01:47
Last Modified: 04 Dec 2019 01:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6697

Actions (login required)

View Item View Item